Semua Penumpang Selamat dalam Insiden Tabrakan Batik Air

0
125

JAKARTA  – Pesawat Batik Air dengan rute Jakarta – Makassar dengan registrasi PK-LBS, nomor penerbangan ID 7703 jenis Boeing 737-800 mengalami insiden tabrakan dengan pesawat Transnusa jenis ATR Registrasi PK-TNJ lainnya di runway bandara Halim Perdana Kusuma,  Jakarta, Senin (4/4/2016) sekitar pukul 19.55 Wib.

Sejauh ini tidak ada korban yang dilaporkan dalam insiden tersebut. Semua penumpang dan kru pesawat dapat dievakuasi dengan selamat.

Walau demikian pesawat ATR rusak pada bagian ekor pesawat dan sayap bagian kiri, sedangkan pada pesawat Batik Air rusak pada bagian ujung sayap sebelah kiri. Atas insiden itu, untuk sementara bandara Halim Perdana Kusuma ditutup.

Informasi yang berhasil dihimpun, insiden itu terjadi pada saat pesawat Batik Air sedang take off. Di saat yang bersamaan terdapat pesawat Transnusa yang berada di run way dan sedang di towing menuju hanggar.

Sementara itu, Manager Public Relation Lion Air Group dalam keterangan resminya menyatakan, pesawat Batik Air sudah di release untuk take off oleh menara pengawas (ATC) dan sewaktu melakukan proses take off bersenggolan dengan pesawat Transnusa yang saat itu sedang ditarik oleh traktor (dalam proses pemindahan).

Karena hal itu Pilot in Command memutuskan untuk membatalkan take off (aborted take off) untuk memastikan keselamatan penumpang.

ID 7703 membawa 49 penumpang dan 7 crew dan dipastikan semua penumpang dan crew dalam keadaan selamat dan akan diterbangkan menggunakan pesawat pengganti dengan registrasi yg lain.

“Terkait dengan apa yang terjadi, kita akan menunggu hasil penyelidikan dari lembaga yang berwenang”, ujar Edward Sirait, tambah Presiden Direktur Lion Air Group. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here