Home Peristiwa Berita Utama Ini Foto Santoso Mengonsumsi Hewan Dilindungi

Ini Foto Santoso Mengonsumsi Hewan Dilindungi

POSO – Kelompok Santoso di hutan Poso semakin terdesak. Mata rantai logistiknya diputus oleh Satgas TNI dan Polri. Akibatnya, gerombolan yang diperkirakan berjumlah puluhan itu hanya bisa mengonsumsi makanan yang ada di sekitarnya termasuk hewan-hewan yang dilindungi.

Sebuah sumber dari aparat gabungan dalam Operasi Tinombala 2016 di Poso merilis sejumlah gambar yang menunjukkan bagaimana kelompok Santoso terdesak tersebut.

Seekor kuskus ditangkap yang diduga untuk dikonsumsi. (Foto: istimewa)

Di salah satu gambar yang dirilis tersebut terlihat Santoso sedang memegang seekor burung Maleo yang nota bene dilindungi oleh undang-undang. Diduga karena tidak ada ada lagi logistik dari kurir yang selama ini menyuplai karena diputus oleh Satgas, maka hewan-hewan tersebut menjadi bahan makanan.

Bukan hanya itu, foto lainnya menunjukkan bagaimana kelompok Santoso menguliti seekor hewan yang diduga adalah kuskus. Kuskus itu dipegang salah beberapa orang anggota kelompok tersebut dan kemudian anggota lainnya menguliti dengan pisau.

Seekor kuskus dikuliti untuk dikonsumsi di dalam hutan. (Foto: istimewa)

Kuat dugaan, hewan-hewan yang terlihat di foto tersebut adalah bahan untuk santapan di dalam hutan. Diperkirakan pula, selain mengonsumsi hewan termasuk yang dilindungi seperti anoa, kuskus, sogili, burung rangkong kelompok tersebut juga mengonsumsi tumbuhan seperti ujung rotan dan batang pohon pinang untuk mempertahankan hidup.

Sumber itu menyebutkan, jika sudah kelaparan seperti itu, tak jarang katanya merampas atau mencuri bahan makanan milik warga sipil yang disimpan dalam gubuk kebun. Bahkan menyandera dan mengambil hasil kebun warga.

Sumber itu mengaku, foto-foto tersebut diperoleh dari anggota kelompok Santoso setelah kontak terjadi kontak senjata. (wan/*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version