Penggelap dan Penadah Solar Sama-Sama Ditangkap

PALU – Bekerja di bidang apapun memerlukan kejujuran, karena kalau tidak,urusannya bisa dengan hukum. Seperti yang dialami oleh SM (34) dan MI (25), keduanya ditangkap oleh jajaran Sat Reskrim Polres Palu karena menggelapkan dan menadah solar subsidi.

Penangkapan keduanya dilakukan Kamis (31/3/2016) saat SM bermaksud mengantar solar nonsubsidi itu ke rekanannya yaitu PLN, Bekang Dam VII Wirabuana dan Pangkalan Angkatan Laut, tepat ketika berada di wilayah Kelurahan Watusampu, Ulujadi Palu.

Modusnya kata Humas Polres Palu setelah melakukan interogasi, SM menyedot solar tersebut dari tangkinya hingga 70 liter sebelum sampai ke tujuannya. Hasil solar yang disedot itu dijualnya kepada MI dengan harga Rp3.751 per liter.

Menurut keterangan pelaku, modus seperti itu sudah kerap kali dilakukan dan dipastikan menimbulkan kerugian bagi rekanan yang diantarkannya.

Saat ini pelaku dan barang bukti berupa jerigen beirisi BBM jenis solar sedang diamankan oleh Sat Reskrim Polres Palu untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Kedunya akan dikenakan pasal tindak pidana penggelapan BBM jenis solar non subsidi dan persekongkolan jahat dan penyimpanan bahan bakar minyak tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam pasal 374 dan 480 KUHP dan pasal 23 ayat (2) huruf c Jo Pasal 53 huruf c UU RI No 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi. (afd/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here