Bertekad Pertahankan UMI Makassar Terbaik di Luar Jawa

0
183

MAKASSAR – Beberapa tahun terakhir ini kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mendapat predikat  terbaik seperti pemeringkatan yang dikeluarkan Kemenristekdikti. Dari 3.320 perguruan tinggi swasta di Indonesia, UMI Makassar menempati posisi ke-34.

Wakil Rektor V Bidang Perencanaan dan Kerjasama UMI Makassar, Prof Dr H Ma’ruf Hafidz SH MH  yang ditemui di ruang kerjanya lantai 9 Rektorat, Rbu (30/3/2016) menyatakan, prestasi dan predikat itu akan terus dipertahankan dan civitas akademika kampus telah bertekad untuk itu.

Prestasi lain yang diukir kampus ini adalah pertama meraih akreditasi institusi di kampus PTS pada Kawasan Timur Indonesia. Selain itu, kampus juga pertama  membuka program doktor.

Menurut guru besar Ilmu Hukum UMI Makassar ini, pengakuan yang diberikan oleh pemerintah tersebut tidak terlepas dari proses pembelajaran berjalan secara baik dan benar. Dosen yang mengajar dengan status berkualitas dibarengi hasil-hasil penelitian yang bervisioner. Selain itu akreditasi prodi dan institusi senantiasa ditingkatkan, ungkap mantan aktifis pers kampus Unhas ini.

Ia memina kepada seluruh civitas akademika kampus agar senantiasa menjaga nama baik kampus dengan mempersembahkan prestasi dalam bidang akademik, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, harap mantan Asdir III PPs-UMI Makassar ini.

Perguruan tinggi wajib melaksanakan kerja sama dengan berbagai pihak, termaksud kerja sama perusahaan dan industri. Kampus menjalin kerjsama  dengan pihak RRI, PLN, Telkomsel, Semen Tonasa, industri lainnya.

“Kampus itu harus dekat dengan industri, karena mahasiswa besar kemungkinan akan melaksanan prakter di perusaahaan tersebut.”, katanya seraya menambahkan, kerja sama di lakukan UMI berpatokan pada Tridarma Perguruan Tinggi,  terkait  kerja sama  pada bidang Pendidikan,Penelitian,dan Pengabdian pada Masyarakat, tandas mantan Ketua Panwaslu Makassar ini.

Ma’ruf di besarkan di Bone. Tamat SD, SMP dan SMA di Makassar. Lanjut studi S1 ilmu hukum di Unhas kemudian S2 dan S3 ilmu hukum semua dijalani di PPs-Unhas.

Semasa  menjadi mahasiswa aktif di organisasi kemahasiswaan,  pernah menjabat Ketua Senat Fakultas Hukum Unhas, Badan Program Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas, Ketua HMI Komisariat Hukum Unhas.

Sekitar tahun 1978 menjadi ketua unit kegiatan Pers mahasiswa Unhas dengan aktif menulis di koran kampus Identitas Unhas dan koran umum Harian Pedoman Rakyat Makassar  di masa itu.  “Saya bukannya bangga bahwa pernah aktif pengelola  aktivis pers kampus, menerbitkan buletin  mahasiswa saat itu  oplahnya mencapai  sampai ratusan dengan jumlah  6 halaman  di bagikan pada mahasiswa”, ungkap mantan Redaktur Majalah  Prospek ini.

Sejak meniti karier jadi dosen  1981 di UMI Makassar, dia  pernah menjabat Pembantu Dekan I Hukum, ketua jurusan Hukum Perdata,  Pembantu Dekan II, dan pernah  Ketua Lembaga Penerbitan. Pernah jadi Dekan Hukum UMI Makassar selama 2 periode. Ketua Lembaga Lenelitian   Saat ini beliau menjabat sebagai Wakil Rektor V Bidang Perencanaan dan Kerjasama, mengatur dan melaksana kerja sama anatara UMI dan instansi atau perusahaan, tandas profesor UMI Makassar sejak 2009 ini. (Citizen Reporter)

Yuyun Herawati Taufiq, Mahasiswa Komunikasi UMI Makassar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here