Published On: Mon, Mar 28th, 2016

Ide Forum PTKIN KTI oleh Rektor IAIN Palu Disahuti

PALU – Gayung bersambut, gagasan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag untuk membentuk forum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Kawasan Timur Indonesia (KTI)mendapat sahutan.

Buktinya, gagasan itu dibahas dalam Forum Discussion Group (FGD) yang digelar di Makassar belum lama ini. “Ide dan gagasan untuk membentuk forum PTKIN KTI  di sahuti oleh teman – teman rektor lainnya, yang ada di KTI,” ungkap Prof. Zainal Abidin, Senin (28/3/2016).

FGD yang sudah dilakukan itu menghasilkan beberapa kesepakatan dan juga member kepercayaan kepada Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof. Dr.Musafir Pababbari, M.Si, sebagai ketua forum.

“Sementara di usulkan dan disepakati oleh para rektor se-PTKIN KTI bahwa rektor UIN Alauddin Makassar sebagai ketua dan saya sendiri sebagai wakil ketua,” aku Prof Zainal. Ia menilai, inisiasi itu perlu disahkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu ini menjelaskan, forum itu akan berfungsi sebagai wadah untuk mempercepat peningkatan mutu pendidikan serta kelembagaan yang pada implementasinya diikutkan dengan kerjasama antar perguruan tinggi, seperti bekerjasama dengan perguruan tinggi dalam pengembangan kurikulum, akademik, pengembangan jurnal, workshop/ seminar.

Forum itu juga diharapkan akan terlibat untuk menyebarluaskan dakwah Islam di pelosok timur Indonesia, sebagai bagian dari tanggungjawab. Namun yang terpenting lanjutnya, forum itu dapat mensejajarkan perguruan tinggi Islam negeri di bagian timur dengan perguruan tinggi yang maju di bagian barat. (mat/*)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: