Sengaja Tak Kuras Bak Air, Siap-Siaplah Didenda

PALU – Denda akan membayangi warga yang berdiam di Kota Palu jika secara sengaja tidak menguras bak airnya yang menjadi biang tumbuh kembangnya jentik nyamuk penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD).

Denda itu telah dirumuskan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Palu dalam bentuk sebuah Rancengan Peraturan Daerah (Raperda) Bidang Kesehatan. Salah satu klausul dalam Raperda itu adalah sanksi bagi warga melanggar Perda tersebut.

Ada dua sanksi yang diberikan, yaitu sanksi administrasi sebesar Rp250 ribu dan sanksi pidana yang terdiri dari dua sanksi, masing-masing sanksi kurungan tiga bulan penjara dan sanksi denda Rp2,25 juta.

Staf Ahli Pemkot Bidang Politik dan Hukum Hary Wahyudi Supono menyatakan, warga yang akan mendapat sanksi tersebut adalah yang membiarkan jentik nyamuk berkembang di rumahnya.

“Jadi jika ada warga yang tidak menguras tempat penampungan air maka pasti akan mendapat sanksi,” tegas Hary.

Jika Raperda tersebut disahkan menjadi Perda, Pemkot kata Hary Wahyudi akan membentuk tim pemantau jentik. Tim inil akan turun ke rumah-rumah dan kantor untuk memantau.

Dengan Raperda DBD tersebut diharapkan tugas pencegahan DBD tidak hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan semata, tetapi juga masyarakat dengan mencegah berkembangnya nyamuk penyebab DBD. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here