Earth Hour, Taman GOR Gulita, di Tempat Lain Benderang

PALU – Ratusan warga Kota Palu berkumpul di Taman GOR Palu untuk memperingati Earth Hour serentak di seluruh dunia, Sabtu (19/3) malam. Tepat pukul 20.30 Wita, gendagn ditabuh dan lampu pun dipadamkan sebagai simbolisasi aksi untuk kebaikan bumi.

Gelap gulita tentu saja di taman GOR itu, kecuali lilin-lilin yang menjadi penanda adanya aktivitas. Tapi di sejumlah tempat lain, terjadi kebalikannya, suasana yang terang benderang tetap mewarnai. Rumah-rumah penduduk yang tidak kena giliran pemadaman listrik tetap benderang, swalayan, kafe, jalan-jalan umum dan sejumlah tempat lainnya benderang ria.

Tak semua orang ikut imbauan memadamkan lampu selama sejam sesuai anjuran peringatan Earth Hour itu. “Bagaimana mau memadamkan listrik, kita baru saja menyala listriknya dari pemadaman bergilir,” kata Rico, salah seorang warga Palu Timur.

Earth Hour yang dipusatkan di Taman GOR itu dilaksanakan oleh komunitas Earth Hour Palu. Selain menggelar kegiatan bernuansa kelestarian bumi juga dirangkai dengan festival hijau yang diisi dengan aneka kegiatan hijau.

Earth hour adalah kampanye global dari World Wide Foundation (WWF), organisasi konservasi dunia yang mengajak individu, komunitas, praktisi dan birokrat di seluruh dunia untuk menyatakan kepeduliannya terhadap perubahan iklim dengan mematikan lampu selama sejam pada setiap hari Sabtu Ahad ketiga Maret.

Earth Hour dilaksanakan pertama kali di Australia 2007, lalu di Indonesia diawali di Jakarta pada 2009. Di Kota Palu sendiri bersama 30 kota lainnya di Indonesia bergabung pada 2014.

Ketua Earth Hour Palu, Royke mengatakan sudah banyak aksi yang telah dilakukan yang semuanya memuat misi kebaikan bagi bumi, mulai dari menanam pohon, peduli sampah, hingga aksi ‘rampok plastik’.

Meskipun Kota Palu sudah sering mengalami mati lampu akibat pemadaman bergilir, namun Earth Hour Palu tetap mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi memadamkan lampu mulai pukul 20.30 hingga 21.30 Wita. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here