FAM Sumbar akan Gelar Lomba Baca Puisi dan Workshop Menulis

PADANG – Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia, sebuah komunitas kepenulisan nasional yang berpusat di Pare Kediri, Jawa Timur 2 Maret 2016 lalu merayakan hari berdirinya yang ke 4 tahun. Saat ini, komunitas yang dididirikan oleh Muhammad Subhan  dan Aliya Nurlela tersebut sudah merambah ke seluruh Indonesia dan luar negeri.

Dalam 4 tahun perjalanannya, FAM Indonesia telah melahirkan penulis-penulis yang ikut mewarnai gairah literasi di Indonesia. Lewat lini penerbitan FAM Publishing, FAM Indonesia juga telah menerbitkan buku-buku baik fiksi maupun non fiksi yang dipersembahkan untuk pembaca di tanah air, mengambil tempat dalam pasar dunia buku dengan menerbitkan karya-karya yang bermutu.

Untuk merayakan perjalanan FAM Indonesia itu, FAM Wilayah Sumatera Barat pada 25 Maret 2016 mendatang bakal menggelar Lomba Baca Puisi tingkat SMA/SMK/MA sederajat se Kota Padang di Gedung Pustaka Daerah Provinsi Sumatera Barat.  Selain itu, di 26 Maret 2016 bekerjasama dengan Kelas Kreatif Indonesia (KKI) akan mengadakan Workshop Menulis Novel Bersama Maya Lestari GF.

Denni Meilizon, penyair yang baru saja menerbitkan buku puisi “Libur Orang Laut” dan Koordinator FAM Wilayah Sumatera Barat menyebutkan bahwa sebagai komunitas yang aktif menggiatkan semangat literasi di Sumatera Barat, FAM Indonesia selalu terbuka bekerjasama dengan komunitas pegiat literasi lainnya sebagaimana halnya kali ini dengan Kelas Kreatif Indonesia (KKI) yang fokus bergiat dalam pembangunan karakter melalui minat membaca, menulis dan mendongeng di kalangan anak-anak usia Sekolah Dasar.

“Bagi kami, komunitas merupakan wadah untuk menjalin jaringan dengan orang lain. Pembentukan karakter bangsa adalah pekerjaan bersama. Baik FAM Indonesia maupun KKI memiliki kesamaan visi yang bisa diwujudkan secara bersama-sama. Workshop menulis Novel dengan menghadirkan Novelis Nasional sekelas Maya Lestari GF merupakan sebuah kesempatan emas yang patut diikuti oleh siapapun yang ingin menimba ilmu kepenulisan langsung dari tangan ahlinya,” ungkap Denni melalui rilisnya, Jumat (18/3/2016)..

“Saya menyambut gembira dengan diadakannya kegiatan workshop semacam ini. Hal ini memberikan kesempatan kepada penulis untuk dapat berbagi ilmu kepada calon-calon penulis lainnya. Berbagi ilmu merupakan amalan yang tidak akan putus pahalanya. Apalagi hati saya senang dapat bertemu dan bersilaturahmi dengan pembaca buku saya, “ kata Maya Lestari GF saat dihubungi melalui selulernya.

Badan Pustaka dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat sangat mendukung kegiatan semacam ini untuk dilangsungkan di Gedung Pustaka Daerah. Hal ini tentu menjadi ajang promosi yang kreatif demi menarik pengunjung Pustaka Daerah sebanyak-banyaknya.

Muhammad Fadhli, Humas FAM Wilayah Sumatera Barat yang baru saja menerbitkan buku kumpulan puisi “Sejauh Bintang” menginfokan bahwa untuk mengikuti Lomba Baca Puisi tingkat SMA- sederajat se Kota Padang dapat menghubungi narahubung  Vivi 082169715259 dan Rahmi 087779443434. Sedangkan untuk peserta Workshop Menulis Novel dapat menghubungi  Denni – 081378605943 Jenni – 08993714897.[afd/*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here