BNNP Sulteng Ciduk Dua Pengedar Sabu-Sabu

0
163

PALU – Dua pengedar narkoba jenis sabu-sabu berhasil diringkus Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Tengah di dua tempat dan dalam waktu yang berbeda.

Kedua pengedar itu berisial IS alias Aco (38), warga Jalan Monginsidi, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Pengedar lainnya adalah AMT alias Oleng (38), warga Jalan Elang, Kabupaten Tolitoli.

Kepala BNN Provinsi Sulteng, Kombes Pol Djoko Marjatno mengatakan, IS alias Aco ditangkap di Kabupaten Donggala pada Kamis (25/2/2016) lalu. Sedangkan AMT alias Oleng ditangkap di Kabupaten Tolitoli.

Djoko menceritakan, IS ditangkap setelah kendaraan yang digunakan pelaku dihadang di jalan. Awalnya katanya, ada informasi jika IS membawa sabu-sabu dari Sulsel menuju Palu lewat darat. Atas informasi itu lalu dilakukan penghadangan dan berhasil menangkapnya.

Dari tangan IS didapatkan sabu-sabu seberat 2,70 gram yang ditemukan di saku IS. “Penangkapan ini kami lakukan setelah mendapatkan informasi dari masyarakat,” lanjut Djoko.

Terhadap AMT yang digerebek di Tolitoli, Djoko menguraikan, diamankan barang bukti sabu-sabu seberat 20,26 gram yang terdiri dari 20 paket.

“Kami juga mengamankan barangbukti lain di TKP yaitu hanphone yang dimasukkan ke dalam pipa oleh tersangka, serta uang tunai sebesar Rp.2.550.000,” urainya.

IS dikenakan Pasal 111 ayat 1 dengan ancaman hukuman 4-12 tahun penjara, sedangkan AMT diancam pasal 114 ayat 2 dan 112 ayat 2 UUD 35 tentang narkotika, dengan hukuman minimal 5-20 tahun penjara seumur hidup.

“Tersangka AMT bisa terancam hukuman mati kartena barang buktinya melebihi 5 gram. Tapi itu tergantung dari pengadilan,” tandas Djoko.

Pihak BNNP Sultng mengaku masih akan melakukan pengembangan hingga mengetahui jaringan peredaran narkoba oleh kedua tersangka. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here