Kaploda Sulteng akan Digantikan Mantan Kapolres Poso

Brigjen Pol. Rudy Sufahriadi saat masih menjabat sebagai Direktur Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). (Foto: Rully/malangtimes)
Brigjen Pol. Rudy Sufahriadi saat masih menjabat sebagai Direktur Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). (Foto: Rully/malangtimes)

JAKARTA – Mabes Polri mengumunkan pergeseran jabatan perwira tinggi dan menengah di jajarannya. Sulawesi Tengah kebagian dalam pergeseran itu. Kapolda Sulteng yang saat ini dijabat oleh Brigjen Pol Idham Azis akan segera digantikan oleh Brigjen Pol Rudy Sufahriari yang pada 2006 lalu pernah menjabat seagai Kapolres Poso.

Pergeseran jabatan di lingkup Polri itu mencakup 28 orang pejabat tinggi dan pejabat menengah. Dalam mutasi tersebut, beberapa orang pejabat Polri akan menempati posisi baru mereka di beberapa wilayah.

Surat Keputusan Kapolri dengan nomor Kep/223/8/2016 tertanggal 28 Februari 2016 yang dikutip dari detikcom, Senin (29/2/2016) menyebutkan,  dalam mutasi tersebut ada tiga posisi Kapolda yang digeser termasuk Sulawesi Tengah.

Kapolda lainnya yang bergeser adalah Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Raden Budi Winarso yang ditunjuk sebagai Kapolda Sumatera Utara. Pejabat lama, Irjen Pol Ngadino menjadi Pati Polri.

Sedang Posisi Kadiv Propam yang ditinggalkan Budi Winarso diisi Irjen M Iriawan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiv Kum. Posisi Kadiv Kum kini diisi Irjen Pol Setyo Wasisto.

Dan juga Irwil II Itwasum Polri, Brigjen Pol Yovianas Mahar ditunjuk menjadi Kapolda Bangka Belitung.

Wakabareskrim Irjen Syahrul Mamma yang memasuki usia pensiun juga diganti. Dia diganti oleh Irjen Ari Dono Sukmanto yang saat ini masih duduk sebagai staf ahli Kapolri dan sebelumnya adalah mantan Kapolda Sulteng. Posisi Ari akan diisi Brigjen Ricky Sitohang yang saat ini duduk sebagai Karo Wassidik Bareskrim.

Dalam mutasi jabatan ini, ada satu nama yang ikut dimutasi yakni Karo Operasional Polda Metro Jaya, Kombes Pol Martuani Sormin yang namanya sempat mencuat dalam peristiwa Bom Thamrin Januari lalu, dimutasikan ke Sespim Polri sebagai Widyaiswara Madya, Lemdikpol. (afd/dc*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here