MUI Palu Harap Vaksin pada PIN 2016 Halal

0
182
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, Prof. Dr. H. Zainal Abidin, M.Ag. (Foto: iainpalu.com)
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, Prof. Dr. H. Zainal Abidin, M.Ag. (Foto: iainpalu.com)

PALU – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 2016 yang dicanangkan pemerintah dan mulai digelar pada 8 – 15 Maret mendatang diharapkan menyediakan vaksin yang halal bagi masyarakat. Harapan itu disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, Prof. Dr. H. Zainal Abidin, M.Ag, Sabtu (20/2/2016).

“sesuatu yang dilakukan oleh pemerintah yang melibatkan masyarakat atau ummat manusia, harus dijamin kebersihan dan sterilisasinya dari segala bentuk virus, serta bebas dari segala unsur haram,” kata Zainal Abidin.

Menurutnya, pemerintah haus mempertimbangkan dari sudut keagamaan atas penyelenggaraan PIN 2016 pada bulan Maret mendatang itu karena melibatkan banyak warga dan di dalamnya mencakup berbagai agama yang membutuhkan kebersihan dan sterilnya vaksin yang dipergunakan, dari hal – hal yang dianggap negatif.

Pemerintah sebutnya harus secara tegas menjamin ke-halal-an vaksin yang di pergunakan saat menyelenggarakan PIN 2016 di berbagai daerah.

“Imunasi merupakan sesuatu yang akan berujung pada konsumsi bayi, balita. Tentu, masyarakat akan mempertanyakan sumber dari vaksin yang di pergunakan oleh pemerintah. Nah, hal ini saya kira, butuh kejelasan dan penegasan dari pemerintah atas hal itu,” ujarnya.

Ia menyatakan, MUI akan turut serta membantu peran pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera, dalam pemerintahan dan pembangunan. “MUI tidak akan menutup mata untuk terus membantu pemerintah, dalam menyelenggarakan pemerintahan. Namun, MUI tentu membantu dari sudut pandang keagamaan,” sebutnya. (afd/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here