Bupati Sigi Tinjau Lokasi Eclipse Festival Ngata Baru

Bangunan instalasi seni terbuat dari bambu yang didirikan di Bukit Ngata Baru, Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (18/2/2016). Instalasi seni bambu itu adalah bagian dari prasarana Eclipse Festival 2016 yang akan dihadiri oleh ribuan wisawatan asing pada 9 Maret mendatang. (Foto: Antara Foto)
Bangunan instalasi seni terbuat dari bambu yang didirikan di Bukit Ngata Baru, Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (18/2/2016). Instalasi seni bambu itu adalah bagian dari prasarana Eclipse Festival 2016 yang akan dihadiri oleh ribuan wisawatan asing pada 9 Maret mendatang. (Foto: Antara Foto)

SIGI – Bupati Kabupaten Sigi, Mohamad Irwan Lapata menaruh perhatian besar bagi suksesnya penyelenggaraan Festival Gerhana Matahari Total atau Eclipse Festival 2016 yang dilaksanakan di Desa Ngata Baru.

Wujud perhatian itu ditunjukkan dengan meninjau langsung lokasi yang dimaksud di bukit Ngata Baru, Sabtu (20/2/2016). Di lokasi tersebut, Bupati Irwan sempat berdialog langsung dengan Direktur Hasan Bahasyuan Insitute (HBI), Zhul Usman sebagai organizer local dan beberpa volunteer yang sedang bekerja menyiapkan instalasi seni.

Irwan memuji kerja HBI sebagai organizer local yang hingga pada tahap dikunjunginya menunjukkan progress yang cukup baik. Irwan bahkan meminta kepada HBI agar mengemukakan kendala-kendala jika ditemui di lapangan dan pihaknya akan berusaha membantu mencarikan solusi.

Menurut Irwan yang baru dilantik sebagai Bupati Sigi pada Rabu (17/2/2016) lalu, Eclipse Festival 2016 adalah kegiatan internasional. Dan dipilihnya Kabupaten Sigi sebagai lokasi pengamatan merupakan  penghargaan yang sangat besar. Karenanya ia meminta semua pihak membantu agar perhelatan besar itu dapat terlaksana dengan baik.

Katanya, nama daerah dipertaruhkan, apalagi tamu-tamu yang jumahnya ribuan itu adalah warga negara asing. Ia berharap ada kesan positif yang didapatkan oleh tamu tersebut sepulang dari kegiatan itu. Untuk itu, partisipasi semua pihak, terutama warga setempat sangat diperlukan.

Event itu juga menurutnya merupakan kesempatan untuk mengenalkan Kabupaten Sigi. Potensi seni dan budaya, adat istiadat yang selama ini belum banyak diketahui orang luar, saatnya untuk mengenalkannya dengan berbagai kegiatan selama festival tersebut.

Ia berjanji akan berusaha semaksimalnya untuk membantu kesuksesan acara tersebut, termasuk bantuan keamanan yang oleh organizer local disebut sangat penting guna menjaga ketertiban dan keamanan selama tau-tamu tersebut berada di lokasi kegiatan.

Irwan juga memompa semangat para volunteer asing yang sedang bekerja di tempat itu dan berharap mereka dapat beradaptasi dengan warga sekitarnya.

Usai meninjau lokasi pengamatan tersebut, bupati kemudian menyempatkan diri mampir ke kegiatan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis yang difasilitasi oleh HBI. Pengobatan gratis itu juga adalah bagian dari pra event Eclipse Festival tersebut. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here