Sat Pol Air Amankan 6 Pelaku Ilegal Fishing Di Perairan Togean

0
98
Inilah pelaku illegal fishing yang diamankan Pol Air Polres Touna, Minggu (7/2/2016). (Foto: Humas Polres Touna)
Inilah pelaku illegal fishing yang diamankan Pol Air Polres Touna, Minggu (7/2/2016). (Foto: Humas Polres Touna)

AMPANA – Satuan Polisi Perairan (Satpol Air) Polres Touna kembali mengamankan pelaku illegal fishing yang beroperasi diperairan Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, Minggu (7/2/2016).

Kasat Pol Air Polres Touna, Iptu M. Natsir menyebutkan, setidaknya enam orang pelaku yang masing-masing adalah warga Desa Kulingkinari  Kec Batudaka ditahan untuk dimintai keterangan. Mereka adalah IW (40 Thn), IL (30 Thn), AD (29 Thn), SU (28 Thn), RI (20 Thn), AL (19 Thn).

Sedangkan baarng bukti yang digunakan pelaku untuk mengambil ikan berupa 1 unit kompresor, 3 unit perahu, 3 mesin katintin, 1 buah pukat, 1 pasang kaki katak, 2 set selang kompresor dan regulator, 5 Kg Ikan hasil tangkapan serta 2 buah kacamata.

Pelaku beserta barang bukti itu diamankan saat sedang melakukan aktifitas di perairan depan Desa Bomba kecamatan Batudaka dengan menggunakan alat bantu kompresor. “Sebelumnya personil Pol Air Polres Touna yang sedang melaksanakan patroli rutin mendapat laporan dari masyarakat,” ungkap Kasat Pol Air Polres Touna, Iptu M. Natsir.

Para Pelaku dalam melaksanakan aksinya mengambil hasil laut dengan cara menggunakan mesin kompresor. Kompresor itu menurutnya dilarang karena akan mengganggu dan merusak keberlanjutan sumber daya ikan sesuai UU RI No.45 Thn 2009 ttg perubahan UU RI No.31 Thn 2004 tentang Perikanan.

Keenam  pelaku beserta barang bukti itu diamankan dan saat ini pelaku sedang menjalani proses pemeriksaan di Sat Pol Air Polres Touna. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here