Kanwil Hukum dan HAM Gelar Luhkumtak 2016

0
179
Peserta penyuluhan hukum serentak usai seremoni pembukaan di Gedung Pogombo Palu, Kamis (28/1/2016)' (Foto: Humas Kanwil Hukum dan HAM Sulteng)
Peserta penyuluhan hukum serentak usai seremoni pembukaan di Gedung Pogombo Palu, Kamis (28/1/2016)’ (Foto: Humas Kanwil Hukum dan HAM Sulteng)

PALU – Salah satu program strategis Kementerian Hukum dan HAM terutama dalam kaitan diberlakukannya Asean Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) adalah menjadikan masyarakat cerdas hukum.

Karena itu, Kanwil Hukum dan HAM Sulteng menggelar penyuluhan hukum yang sasarannya kepada pelajar dan masyarakat umum. Menandai permulaan kegiatan itu, digelar seremoni penyuluhan hukum yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Untuk Sulteng, pemusatannya di Gedung Pogombo dan dihadiri langsung Gubernur Sulteng Longki Djanggola, Kakanwil Hukum dan HAM Sulteng Bambang Haryono, Kabiro Perencanaan Kemenkumham RI Tarsono dan Asisten II Bunga Elim Somba, Kamis (28/1/2016).

Dalam sambutannya, Kakanwil Hukum dan HAM Sulteng Bambang haryono menyatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menjadikan hukum sebagai energy yang menjadi pendorong dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

Kegiatan itu mengambil tema “Cerdas Hukum dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean” yang bertujuan agar masyarakat memahami  aspek hukum dam era MEA, juga menumbuhkan kesadaran hukum sehingga paham bagaimana memisahkan antara hak dankewajiban. “Jika tercipta budaya hukum dalam kehidupan, maka kita dapat diteriam di negaa manapun,”  kata Bambang.

Kali pertama penyuluhan serentak itu menyasar para pelajar SLTA dan kelompok masyarakat. Secara nasional ditargetkan akan menjangkau 1 juta warga, sedangkan untuk wilayah Sulteng ditarget akan mencakup 11 ribu orang di 10 kabupaten dan kota.

Penyuluhan serentak yang secara nasional dilakukan oleh Presiden Joko Widodo itu mendapat penghargaan MURI sebagai penyuluhan serentak di lokasi dan jumlah peserta terbanyak. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here