Kota Palu Bidik Piala Adipura di 2016, Mari Wujudkan…

Armada sampah saat mengikuti peluncuran kampanye Save Green and Clean di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (17/1/2016). (foto: beritapalu.com)
Armada sampah saat mengikuti peluncuran kampanye Save Green and Clean di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (17/1/2016). (foto: beritapalu.com)

PALU – Pemerintah Kota Palu berkomitmen untuk meraih piala Adipura di tahun 2016 ini. Karenanya, berbagai langkah dilakukan agar lambang supremasi kebersihan itu benar-benar bisa diwujudkan.

“Piala Adipura itu sebenarnya sudah pernah tiba Palu, yaitu di bandara Mutiara, tetapi hanya lewat lalu menuju Kota Donggala. Tahun ini insha Allah, piala Adipura itu tidak sekadar lewat lagi tapi benar-benar singgah di Palu,” kata Penjabat Walikota Palu Hidayat Lamakarate pada relaunching Save Green and Clean di lapangan Vatulemo Palu, Minggu (17/1/2016).

“Ada yang sarankan agar Adipura itu kita usahakan pada 2017 saja, tapi menurut saya itu terlalu lama. Terlalu lama kita habis.  Kita canangkan memang Adipura 2016 karena penetapannya sekitar Agustus atau September, kita liat apakah kita bisa sampai atau tidak. Kalau tidak, kita buat lagi agar benar-benar bisa kita raih,” tandasnya.

Walikota meminta semua elemen masyarakat terlibat untuk mencapai target itu. “Tidak mungkin bisa mencapainya kalau hanya pemerintah yang melaksanakannya. Kita semua harus terlibat di dalamnya,” sebutnya sembari mengajak warga dan pihak swasta, BUMN dan perbankan.

Pada kesempatan itu, walikota juga membeberkan berbagai keterbatasan yang dihadapi Pemkot Palu dalam mengatasi soal kebersihan, terutama sampah. Hidayat bahkan menujukkan armada sampah yang hari itu berkumpul di lapangan tersebut untuk mendukung program tersebut.

Ia mengakui, armada yang ada belum memadai untuk nenuntaskan masalah sampah. Ia berjanji akan melakukan kajian kembali terhadap volume sampah dan ketersediaan armada yang ada dan mengatur pola pengangkutannya sehingga paling tidak akan semakin berkurang sampah yang tertumpuk. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here