Rp2,34 M per Tahun Dana Hibah dari PT. Vale ke Pemprov Sulteng

0
118
Presiden Direktur PT. Vale Indonesia Tbk., Nicolaas D. Karter menandatangani  MoU hibah dari PT. Vale Indonesia Tbk. Kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, di Ruang Kerja Wakil Gubernur, Kamis (14/1/2016). (Foto: Humas Pemprov Sulteng)
Presiden Direktur PT. Vale Indonesia Tbk., Nicolaas D. Karter menandatangani MoU hibah dari PT. Vale Indonesia Tbk. Kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, di Ruang Kerja Wakil Gubernur, Kamis (14/1/2016). (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

PALU – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Sudarto, SH, M.Hum bersama Presiden Direktur PT. Vale Indonesia Tbk., Nicolaas D. Karter menandatangani  MoU hibah dari PT. Vale Indonesia Tbk. Kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, di Ruang Kerja Wakil Gubernur, Kamis (14/1/2016).

Penandatangan MoU senilai Rp11,7 miliar yang diberikan setiap 5 tahun sekali atau Rp2,34 miliar per tahun ini dihadiri oleh Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dra. Derry B. Djanggola, M.Si, Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Dr. Ir. Bunga Elim Somba, M.Si, dan beberapa kepala SKPD lingkup Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Dana hibah PT. Vale Indonesia Tbk. diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur sarana kesehatan, pendidikan, sosial, ekonomi dan kesejahteraan, serta perlindungan hukum dan HAM bagi masyarakat kurang mampu.

Dalam kesempatan itu, Presiden Direktur PT. Vale Indonesia Tbk., Nicolaas D. Karter menyampaikan bahwa dana CSR (Corporate Social Responbility) atau dana tanggung jawab sosial masyarakat PT. Vale telah dicanangkan sejak tahun 2015 lalu.

Dijelaskan Nico Karter, meskipun sedang mengalami penurunan penghasilan yang disebabkan oleh turunnya harga nikel dunia, PT. Vale tetap berkewajiban untuk memberikan dana bantuan CSR.

“Kami sangat berbahagia dengan terealisasinya pemberian hibah ini. Karena seperti halnya Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah, kami juga memiliki prinsip yang transparan, akuntabilitas dan partisipatif. Kiranya Pemda Sulteng dapat me-review peruntukkan dana bantuan ini sehingga dapat  tepat sasaran.” ujar Presiden Direktur PT. Vale Indonesia Tbk seperti rilis yang disampaikan ke redaksi beritapalu.com.

Dalam arahannya, Wagub Sulawesi Tengah menyampaikan, dana ini diberikan bukan untuk provinsi, melainkan untuk masyarakat. Oleh karena itu, ia meminta kepada para kepala SKPD yang  menerima bantuan ini agar dapat memanfaatkannya dengan baik, agar dapat lebih meningkatkan kesejahteraan rakyat Sulawesi Tengah.

Seraya mengucapkan terima kasih kepada PT. Vale Indonesia Tbk., H. Sudarto, SH, M.Hum, mengharapkan turunnya harga nikel dunia tidak berlangsung lama.

“Memang harga nikel dunia sedang turun. Tapi dalam waktu dekat pasti akan naik. Kalau harga nikel turunnya 100, nanti naiknya 200 – 300.” Kelakar Wagub seraya mengucapkan terima kasih kepada PT. Vale.

“Mudah-mudahan kerjasama ini dapat terus kita jaga dan ke depannya, dapat terus ditingkatkan. Kita juga tetap dan terus dukung keberadaan PT. Vale,” pungkas Wagub mengahkiri arahannya. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here