Petugas Sensus Ekonomi Minimal Berijazah SMA

sensus ekonomi-1PALU – Tahun ini Badan Pusat Statistik (BPS) akan menggelar Sensus Ekonomi dan untuk Sulawesi Tengah dibutuhkan sekitar 2.318 orang petugas yang bertugas sebagai pencacah lapangan dan pemeriksa lapangan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tengah, JB Priyono mengatakan petugas yang dibutuhkan itu minimal berijazah SMA atau sederajat.

“Tapi itu kriteria baku, kalau di daerah tertentu petugas sensus tidak didapatkan dengan pendidikan seperti itu, maka akan direkrut dari pendidikan terakhir setingkat dibawahnya,” ujar Priyono, Senin (4/1/2016).

Ia mencontohkan kabupaten terpencil di daerah ini kekurangan petugas sensus sesuai kriteria, maka akan dibuat berita acara. Tetapi menurutnya hal itu harus dijamin oleh kepala BPS setempat bahwa secara kualifikasi tidak sesuai standar tapi secara pengalaman sudah pernah melakukan sensus.

“Karena sensus kali ini merupakan yang terberat, kami akan memastikan seluruh instrumen sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP),” imbuh Priyono lagi.

Seperti diberitakan sebelumnya, awal tahun 2016 ini BPS kabupaten dan kota se Sulteng sudah mulai melakukan penerimaan petugas sensus. Selanjutnya akan dilakukan pelatihan petugas secara berjenjang.

BPS Sulteng membutuhkan sekitar 2.318 orang petugas Sensus Ekonomi 2016 untuk ditepatkan di 13 Kabupaten dan Kota se Sulteng. Sensus itu sendiri akan dimulai pada Mei 2016 mendatang. (ujenk/*)

berita terkait: BPS Sulteng Butuh 2.318 Petugas Sensus Ekonomi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here