Partisipasi Pemilih Pilwakot Palu Hanya 65,88 Persen

Suasana pemilihan di salah satu TPS di Palu, Rabu (9/12/2015). (Foto: beritapalu.com)

PALU – Untuk sementara, tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan walikota/wakil walikota Palu yang digelar 9 Desember lalu yang terekapitulasi dari website resmi KPU hanya sekitar 65,88 persen.
Angka partisipasi itu diperoleh dari jumlah data yang masuk ke server KPU yang hingga Sabtu (12/12/2015) pukul 16.45 Wita yang sudah mencapai atau 199.353 pemilih atau 83,66 persen dari 238.280 pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Palu.
Partisipasi pemilih perempuan menurut laman KPU itu lebih tinggi dibanding lakilaki. Persentase partisipasi pemilih perempuan sebesar 66,24 persen sedangkan laki-laki hanya 62,19 persen.
Meski demikian, angka partisipasi itu diperkirakan masih akan berubah sejalan dengan terus berjalannya data yang masuk ke server tersebut.
Dengan angka seperti itu, dapat diperkirakan jika target KPU Kota Palu untuk meraih angka partisipasi pemilih hingga 75 persen tidak terpenuhi.
Komisioner KPU Palu Zatriawati SE seperti dikutip di Radar Sulteng (Sabtu, 12/12/2015) menyatakan, KPU Palu belum bisa menyatakan angka partisipasi pemilih di Kota Palu rendah atau tinggi terkait data yang disajikan di website resmi KPU itu.
Sebab kata Zatriawati, angka partisipasi pemilih masih akan terus bergerak karena belum semua data TPS yang sudah masuk. “Yang pasti kami sudah berusaha maksimal untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Kota Palu dengan melakukan berbagai macam sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Zatriawati. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here