Imigrasi Palu Hapus Sistem Kuota Layanan Paspor

Ilustrasi pelayanan paspor di Kantor Imigras Palu. (Foto: Antara)
Ilustrasi pelayanan paspor di Kantor Imigras Palu. (Foto: Antara)

PALU – Mulai Senin (14/12/2015), kantor Imigrasi Palu yang terletak di Jalan Kartini Palu akan menghapus sistem kuota layanan paspor yang selama ini diberlakukan.
Penghapusan itu terkait dengan munculnya kekecewaan dari warga yang mengurus paspor karena terkesan sulit dan ribet.
“Terus terang pak, sistem ini sangat merugikan karena sudah datang dari jauh, tetapi sampai ke kantor imigrasi tidak bisa dilayani karena nomor antrean sudah habis dan dibatasi,” kata Jafar, salah seorang pemohon paspor seperti dikutip dari Kantor Berita Antara.
Kepala Divisi Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Tengah, Erna Yunanti Murni mengatakan, kebijakan kuota permohonan sebanyak 50 pemohon per hari merupakan kebijakan yang diambil kantor Imigrasi Palu dengan tujuan untuk mengatur ketertiban permohonan paspor dalam rangka mengantisipasi meningkatnya jumlah pemohon paspor menjelang liburan akhir tahun.
“Karena kebijakan dimaksud ternyata menimbulkan ketidaknyamanan bagi masyarakat dan setelah dilakukan evaluasi, Imigrasi Palu akan menghapus sistem kuota permohonan itu dan penerapan jam layanan penerimaan berkas permohonan paspor dari pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WITA,” tandas Erna seperti dilansir Antara.
Diharapkan, dengan penghapusan kuota itu, masyarakat akan mendapatkan jaminan kepastian sepanjang berkas permohonn paspor yang dibawa (asli dan fotocopy) lengkap dan benar serta diserahkan kepada petugas penerima berkas sesuai waktu yang telah ditetapkan tersebut. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here