Inilah Penjelasan Tim Longki-Sudarto Soal Simpang Siur Perolehan Suara

pilkada_serentak_2015PALU – Tim pasangan Calon Gubernur Sulteng Nomor Urut 2, Longki Dajanggola – Sudarto memberikan penjelasan terkait simpang siurnya pemberitaan soal perolehan suara Pilgub Sulteng yang telah digelar pada Pilkada Serentak Rabu (9/12/2015).

Penjelasan yang disampaikan dalam rilis kepada beritapalu.com pada Kamis (10/12/2015) itu memuat agar para pendudkung dan simpatisan Longki-Sudarto tetap tenang dengan kesimpangsiuran itu, terutama yang dirilis oleh dua TV swasta, yaitu TV One dan Metro TV.

Ia menjelaskan,  Quick count yang memenangkan pasangan Longki-Sudarto sebesar 55,09 persen dan Cudi-Ichwan sebesar 44,91 persen yang ditayangkan di Metro TV adalah hasil dari perhitungan cepat Indo Barometer, salah satu lembaga survey terpercaya di Indonesia. Data hitung cepat yang memenangkan Calon Walikota Petahana Surabaya, Risma disediakan juga oleh Indo Barometer. Rekam jejak Indo Barometer katanya dapat dilihat di http://www.indobarometer.com.

Menurutnya, hasil perolehan suara pemilihan gubernur yang memenangkan pasangan Cudi-Ichwan dan ditayangkan di TV ONE bukanlah quick count yang disediakan oleh LSI, sebab lembaga survey ini tidak menyigi pemilihan gubernur Sulteng. “Itu adalah kutipan berita dari media berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh kubu Cudi-Ichwan. Itu adalah running text, bukan display hasil survey,” sebut Tim Longki-Sudarto.

Katanya, berdasarkan perhitungan real KPUD Sulteng berbasis form C-1, pasangan Cudi-Ichwan memperoleh 100.696 Suara atau sebesar 49,00 persen dan pasangan Longki-Sudarto memperoleh 104.816 Suara atau 51,00 persen. Hasil perhitungan KPUD Sulteng dapat dilihat di situs: https://pilkada2015.kpu.go.id/sultengprov

Ditambahkan, berdasarkan perhitungan Pusat Data dan Saksi Koalisi Teruskan sampai dengan Rabu (10/12/2015) pukul 15.42, pasangan Cudi-Ichwan memperoleh 378.512 suara atau 46,40 persen dan pasangan Longki-Sudarto memperoleh 437,175 suara atau 53,60 persen.

“Karenanya, berdasarkan data tersebut, pasangan Longki-Sudarto masih memimpin perolehan suara pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah,” tegasnya.

Ia menimbau kepada seluruh masyarakat, simpatisan dan pendukung Longki-Sudarto untuk tetap tenang, tidak menunjukkan euphoria berlebihan. Namun tetap memastikan dan mengawasi penyelenggaraan Pemilukada sesuai dengan aturan berlaku. Dan kemudian menyerahkan pada penyelenggara Pemilukada untuk menentukan keputusan akhirnya.

Ia juga meminta agar para pengawas pemilukada dan penyelenggara pemilukada untuk dapat bekerja dengan baik dan profesional dengan mengindahkan azas jujur, adil dan rahasia. “Akhirnya kita serahkan semuanya kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang menjadi penentunya. Kita, manusia hanya memiliki kemampuan merencanakannya, namun Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa-lah penentu segala keputusannya,” tulisnya pada bagian akhir rilis tersebut. (afd)

1 COMMENT

  1. Tugas pemilih sudah selesai,dan tim sukses masi mengal perhitungan, hasil akhir serahkan yang berkompoten, penyelenggara,serta Allah SWT…….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here