Rio Butuh Rp222 Milair Untuk Berlaga di Formula 1

0
179

JAKARTA – Rio Haryanto tak punya banyak waktu tersisa untuk mengumpulkan sponsor agar bisa tampil di pentas balap internasional Formula 1. Pebalap masa depan Indonesia itu pun berharap bantuan dari pemerintah dan swasta untuk sponsorship.

Dalam rentang empat tahun terakhir, Rio memang berkompetisi di GP2. Tahun ini dia memperkuat tim Campos Racing dan sejauh ini duduk di posisi ketiga klasemen sementara. Yang menarik, Rio ingin naik kelas ke kompetisi F1 tahun depan. Akan tetapi, untuk mendapatkan satu kursi di tim F1, Rio juga membutuhkan dana yang tebal. Ia membutuhkan sekitar 15 juta euro (sekitar Rp 222 miliar) untuk bisa masuk ke sana.

Menurut Rio, ia punya waktu hingga pertengahan November mendatang untuk mengumpulkan sponsor. Kalau berhasil mengumpulkan dana yang dibutuhkan, dia akan bisa berkompetisi di F1 pada tahun depan dan menjadi orang Indonesia pertama yang tampil di ajang bergengsi itu.

“Deadline-nya di bulan November ini, sekitar 2-3 minggu lagi,” ujar Rio di Jakarta, seperti dikutip dari Jawapos.com. Karena itu, salah satu upaya Rio dalam mencari sponsor adalah menemui Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Rio yang datang ditemani mantan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menggelar pertemuan tertutup selama sekitar 1 jam dengan orang nomor satu di DKI itu.

“Harus cepat ini November harus buat komitmen ini. Kalau enggak hilang kesempatan. Enggak mungkin lagi, selamanya,” kata Ahok.

Rio sebelumnya juga telah meminta sponsor kepada Presiden Joko Widodo. Hanya, belum ada konfirmasi mengenai ada atau tidaknya bantuan dari BUMN lainnya, di samping Pertamina yang selama ini selalu mendukungnya. “Sempat ke Bapak Joko Widodo juga, setelah dari situ meeting-nya berlangsung bahwa mudah-mudahan BUMN bisa ikut mendukung. Dan untuk saat ini masih belum ada konfirmasi. Jadi ya mudah-mudahan dengan adanya Pak Gubernur harapan saya bisa secepatnya masuk ke F1, teken kontrak karena kesempatannya sangat jarang sekali. Ini benar-benar, saya membawa nama Indonesia juga buat ke dunia. Mudahmudahan history juga di dunia,” katanya.

Ia berharap baik pemerintah pusat maupun daerah serta swasta bisa membantunya agar bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. “Amin optimistis,” ucap  Rio lagi.(jawapos.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here