720 Aparat Desa Dilatih Untuk Peningkatan Kapasitas

PALU – Sebanyak 720 orang aparatur desa mencakup Kepala Desa, Sekertaris Desa dan Bendahara Desa menghadiri kegiatan Pelatihan Kapasitas Aparat Desa dan Unsur Kecamatan se-Sulawesi Tengah bertempat di Restoran Marannu, Selasa (20/10).

Ke-720 orang peserta pelatihan selanjutnya dibagi menjadi 18 kelas yang disebar di lima lokasi kegiatan, merupakan angkatan pertama dari delapan angkatan dengan total peserta 5517 orang aparat pemerintah desa dan 348 aparat kecamatan.

Kepada Badan Perberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Ir. Maya Malania Noor, MT selaku Panitia mengatakan, peserta angkatan pertama berasal dari Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi sebanyak 720 orang. Masing-masing desa diwakili tiga orang yakni Kepala Desa, Sekertaris dan Bendahara Desa.

Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola, M. Si pada kesempatan itu mengapresiasi dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, sekaligus secara resmi membuka kegiatan dimaksud. Menurutnya, tahun 2015 merupakan tahun pertama pemerintah mengalokasikan dana desa sebagai implementasi UU Nomor 6 tahun 2014.

“Tujuan ditetapkannya, kebijakan tersebut untuk mewujudkan desa yang kuat, mandiri, sejahtera dan demokratis, sebagai upaya mengatasi kesenjangan pembangunan sejalan dengan komitmen visi pemerintahan pusat ‘terwujudnya Indonesia yang berdaulat mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong’.” tegasnya.

Untuk itu, Gubernur berharap, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas aparat desa dan unsur kecamatan se-Provinsi Sulawesi Tengah yang mengikuti kegiatan tersebut agar sungguh-sungguh dalam hal peningkatan kemampuan serta memiliki nilai tambah.

“Saya harap melalui kegiatan peningkatan kapasitas aparat desa ini, kita akan mendapatkan pengetahuan baru dan masukan yang berharga dalam merealisasikan penggunaan dana desa sehingga tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan kedepan,” tegasnya. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here