Hidayat Lamakarate Dilantik Jadi Penjabat Walikota Palu

0
173
Gubernur Sulteng Longki Djanggola melantik dan memgambul sumpah Hidayat Lamakarate sebagai Penjabat Walikota Palu, Senin (19/10/2015). (Foto: Humas Pemprov Sulteng)
Gubernur Sulteng Longki Djanggola melantik dan memgambul sumpah Hidayat Lamakarate sebagai Penjabat Walikota Palu, Senin (19/10/2015). (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

PALU – Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si mengambil sumpah dan melantik Drs. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si sebagai Penjabat Walikota Palu di Gedung Pogombo, pada Senin(19/10).

Turut menghadiri pelantikan siang itu, Wakil Gubernur H. Sudarto, SH, M.Hum, Plt Sekda Dra Derry B. Djanggola, Sekkot Palu Drs. Aminuddin Atjo, M.Si, mantan Wakil Walikota Palu H. Mulhanan Tombolotutu, SH dan pejabat-pejabat SKPD di lingkup Pemprov dan Pemkot Palu.

Dasar penetapan Moh. Hidayat Lamakarate yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan adalah Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 131.72-5589, tanggal 15 Oktober 2015.

Selanjutnya, sebagai Pj Walikota, Hidayat ditugasi menyelenggarakan pemerintahan sampai dengan dilantiknya pasangan Walikota-Wakil Walikota Palu definitif dan menjaga netralitas PNS.

Dalam sambutannya, gubernur mengatakan Hidayat sebagai figur yang ideal dengan bekal pengalaman, potensi, kredibilitas dan kemampuan koordinasi yang sangat baik dengan para stakeholder. “Saya minta pada Pj dan seluruh jajaran bekerja sungguh-sungguh mewujudkan birokrasi yang profesional, berkinerja, bebas KKN dan terpenting tidak terlibat pada nuansa politik tertentu,” imbaunya.

Demi suksesnya Pilkada serentak yang di dalamnya ada Pilwakot, gubernur menginstruksikan Pj serta jajaran menjalin harmonisasi antara Pemkot dengan KPUD Kota dalam rangka meminimalkan sengketa pilkada dan menjaga ketertiban umum. “Tentu keberhasilan ini sangat ditentukan kepala daerah (Pj Walikota) dan perangkatnya serta masyarakat,” ujar gubernur.
Sementara itu, kepada pasangan Walikota dan Wawali periode sebelumnya, Gubernur Longki Djanggola mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kontribusi keduanya membangun Kota Palu yang sejalan dengan arah visi misi Pemprov Sulteng. “Atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih pada Saudara Rusdi Mastura dan Mulhanan Tombolotutu atas segala jasa dan kerja keras demi kemajuan Kota Palu dan Sulawesi Tengah,” tandas gubernur. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here