1.040 Rumah Tangga Miskin di Sigi Jadi Sasaran Bedah Kampung

SIGI – Sebanyak 1.040 rumah tangga miskin dari 52 desa di 15 Kecamatan, di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah menjadi sasaran Program Terpadu Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Bedah Kampung. Untuk program itu, sedikitnya Rp7,8 miliar dana digelontorkan untuk program pengentasan kemiskinan ini, kata Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Sigi, Samuel Yansen Pongi kepada beritapalu.com, Rabu (14/10/2015).

Menurut Samuel, program ini dimulai pada periode ini setelah dilakukan sosialisasi sepanjang Agustus – September. “Diharapkan bantuan ekonomi produktif ini akan meningkatkan taraf ekonomi rumah tangga miskin yang menjadi sasaran program. Sasaran program ini sudah kita verifikasi secara factual. Ke depan kita berharap program ini dapat diteruskan dan dapat menjangkau seluruh rumah tangga miskin di Kabupaten Sigi,” harap Samuel

Menurut Samuel, filosofi program ini bukan memberikan ikan pada rumah tangga miskin tapi memberikan kail agar mereka dapat memancing ikan untuk kebutuhan rumah tangga mereka dan untuk dijual lalu mendatangkan manfaat ekonomi buat mereka.

“Bantuan yang diberikan dalam bentuk barang khususnya di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan. Bantuannya bisa berupa bibit tanaman, ikan dan ternak termasuk di dalamnya pupuk dan pakan,” jelas birokrat yang juga atlit Taekwondo nasional ini.

Samuel menjelaskan, Program PTPK BBK adalah program pro masyarakat miskin yang digulirkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah sejak 2014 dan diteruskan hingga kini. Program ini berpayung pada Peraturan Gubernur Nomor 55 Tahun 2014. Program ini diinisiasi oleh Gubernur Longki Djanggola berdasarkan pengalamannya dalam program penanggulangan kemiskinan di Parigi Moutong semasa ia menjadi Bupati.

“Program ini menunjukkan kepedulian dan komitmen Pemerintah Provinsi Sulteng untuk penanggulangan kemiskinan. Saya kira program ini harus diteruskan dimasa-masa akan datang. Kita semua berharap bantuan tersebut dapat meningkatkan taraf ekonomi rumah tangga miskin,” sebut Samuel. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here