Manuver Jet Tempur Sukhoi Pukau Warga di Sail Tomini

Salah satu manuver yang dilakukan pesawat tempur Sukhoi di Sail Tomini 2015, Sabtu 919/9/2015). (Foto: beritapalu.com/basrimarzuki)

PARIGI MOUTONG – Tiga pesawat tempur jenis Sukhoi milik TNI AU mengejutkan warga Parigi Moutong saat puncak acara Sail Tomini yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan sejumlah menterinya, Sabtu (19/9/2015). Betapa tidak, ketiga pesawat tersebut terbang rendah dan muncul secara tiba-tiba.

Dua pesawat Sukhoi melintas dengan cepat dan dengan suara yang menggelar di atas permukan laut pantai kayubura. Sesaat setelah kedua pesawat menjauh, sekonyong-konyong satu pesawat lainnya muncul dari balik bukit dan terbang rendah di atas anjungan.

Meski sempat terkejut, namun warga takjub dengan manuver udara yang diatraksikan ketiga pesawat tersebut.

Dari kejauhan sebelah utara, dua pesawat itu kembali melintas dengan sangat cepat, smekain dekat, dan semakin dekat, lalu tiba-tiba bermanuver seolah sedang melukiskan huruf X di udara. Kedua pesawat itu saling menyalip dan nyaris bersenggolan. Manuver itu apik karena dihiasi dengan asap sehingga bekas jalurnya terlihat dengan jelas.

Tidak selesai sampai disitu, satu pesawat lainnya muncul dari belakang dan kemudian menukik ke atas tepat di depan tribun kehormatan, lalu kembali menukik ke bawah dengan lincahnya.

“Waowww…” teriak seorang warga yang menyaksikan aksi spektakuler itu. Warga sepertinya tidak menghiraukan panas yang menyengat. Atraksi itu seakan menghipnotis ribuan warga yang tumplek di lokasi tersebut.

Mereka tak beranjak sedikitpun dari lokasi itu hingga acara puncak itu benar-benar dinyatakan selesai dan Presiden Joko Widado meninggalkan tempat. (afd)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here