Kementerian Pariwisata Puji Kesiapan Sail Tomini

Sejumlah pelajar memainkan tari Tomini pada pembukaan Pekan Budaya dalam rangka Sail Tomini di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Minggu (13/9/2015). (foto: beritapalu.com/Ismail Salahuddin)

PARIGI MOUTONG – Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Kawasan Pariwisata Kementerian Pariwisata RI, Husin  Al Idrus memuji kesiapan panitia dalam penyelenggaraan Sail Tomini 2015 di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Pujian itu disampaikan Husin yang mewakili Menteri Pariwisata saat memberikan sambutan pada pembukaan Pekan Budaya Sulawesi Tengah yang dipusatkan di lokasi Sail Tomini, Pantai Kayubura, Pelawa Baru, Parigi Utara, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Minggu (13/9/2015).

“Saya sangat bangga dengan persiapan yang dilakukan oleh panitia. Saya juga mengapresiasi antusias warga Parigi Moutong dengan pelaksanaan Sail Tomini ini,” sebutnya.

Menurutnya, dukungan dan partisipasi warga adalah hal mutlak untuk mensukseskan hajatan seperti ini. Karenanya, atas nama pemerintah ia jugamenyampaikan terima kasih atas dukungan warga tersebut.

Ia mengatakan, pekan budaya yang dihelat oleh Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah diperlukan untuk mendukung kunjungan wisata ke dalam negeri. Di tahun 2019 lanjutnya, pemerintah menargetkan 25 juta jiwa wisatawan manca negara yang ke Indonesia, dan 275 juta perjalanan wisawan nusantara tahun 2019. “Untuk mendukung target itu, maka perlu dukungan kegiatan wisata seperti ini,” kata Husin.

Pembukaan pekan budaya yang dimulai Minggu (13/9/2015) akan ditutup bersamaan dengan puncak perayaan Sail Tomini yang akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo beserta sejumlah menteri dan perwakilan kedutaan besar negara sahabat pada Sabtu (19/9/2015).

Selain sejumlah pejabat Kementerian Pariwisata, seremoni pembukaan acara tersebut juga dihadiri Gubernur Sulteng yang diwakili oleh Wakil Gubernur, Sudarto. Hadir pula Kepala Dinas Pariwisata Sulteng, Hj. Norma Mardjanu dan sejumlah petinggi daerah Kabupaten Parigi Moutong, termasuk Bupati Samsurizal Tombolotutu.

Acara yang diikuti oleh seluruh perwakilan kabupaten dan kota se Sulteng itu juga dimeriahkan dengan tarian Tomini dan paramotor.

Pada kegiatan tersebut, sejumlah seni dan tradisi khas daerah masing-masing akan dipentaskan, juga akan dilaksanakan beberapa workshop bertema seni dan budaya. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here