Adriani Tobondo, Dosen Pertama Doktor di Unkrit Tentena Poso

0
148
Adriani Tobondo. (foto: Yahya Mustafa)
Adriani Tobondo. (foto: Yahya Mustafa)

MAKASSAR – Universitas Kristen Tentena (Unkrit) Sulawesi Tengah, mencatat Adriani G.A.Tobondo adalah dosen pertama berhasil meraih gelar doktor bidang sosiologi pembangunan di PPs- Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, 1 Agustus 2015.

Putra tunggal dari mantan Ketua Sinode Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST), Pdt. Arnold R. Tobondo, M.Th menulis karya disertasi berjudul, Tentena Ceritamu Kini, Studi Hubungan Masyarakat Kristen dan Masyarakat Islam TentenaPasca Konflik Poso.

Ditemui di kantor Kopertis IX Sulawesi, Senin 7 September Adriani menambahkan, selama penelitian dan penulisn disertasi dibimbing oleh Promotor, Dr.Ir.Sri Suwartiningsih, M.Si dengan Kopromotor, Prof.Dr.Teguh Prasetyo, M.Si dan Dr.Pamerdi Giri Wiloso.

Dosen Tetap Yayasan (DTY) di kampusnya ini sejak 2006, dalam penulisan disertasinya menyimpulkan, hubungan pola harmonis antara masyarakat Kristen dan Islam terbentuk lewat  sosiohistoris antara Kerajaan Pamona dan Kerajaan Luwu.

Akibat konflikyang pernah terjadi itu ungkap magister sosiologi PPs UGM Jokyakarta ini, menyebabkan kelumpuhan ekonomi. Kelumpuhan itu dapat dipandang sebagai residu bagi masyarakat memperkuat kembali hubungan yang harmonis itu. Hubungan harmonis yang terbentuk pasca konflik tanpa disadari kedua belah pihak munculnya gerakan teror tersembunyi pada kondisi kekinian, ungkap sarjana ilmu sosial Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga ini.

Doni panggilan akrabnya, lahir di Poso 16 Oktober 1981. Menurutnya dia adalah generasi pertama dosen yang berangkat lanjut studi S3 dan menyusul beberapa orang dikemudian hari. Saat ini, katanya, ada satu dosen sedang lanjut studi S3 di Belanda serta beberapa orang memilih program doktoral di PPs Universitas Negeri Makassar, ungkap aktifis sosial saat lanjut studi S1 dan S2.  (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here