Persiapan Sail Tomini Diyakini Bisa 100 Persen

Direktur Jenderal Cipta karya Kementerian Pekerjaan Umum, Andreas Suhono (kanan) bersama Gubernur Sulteng Longki Djanggola di lokasi Sail Tomini, Kayu Bura, Jumat (28/8/2015). (Foto: jgbua)

PARIGI MOUTONG – Tidak sedikit kalangan yang pesimistis dengan persiapan perhelatan nasional Sail Tomini di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah bakal bisa rampung hingga pembukaannya pada 19 September 2015 mendatang.

Namun isu itu tertepis sendiri setelah Direktur Jenderal Cipta karya Kementerian Pekerjaan Umum, Andreas Suhono meninjau langsung persiapan tersebut terutama di lokasi pembukaan.

“Sail Tomini jauh lebih siap dari Festival Bualemo. Ini sudah hampir rampung, sudah lebih dari 90 persen. Saya yakin akan rampung 100 persen sebelum hari H,” kata Andreas di Kayu Bura, Parigi Utara, Jumat (28/8/2015).

Gubernur Longki Djanggola yang juga hadir pada peninjauan itu mengatakan, sejak awal dirinya optimis persiapan tersebut bisa rampung. “Sesuai saran Pak Dirjen kita akan menambah shift pekerjaannya,” sebut Longki.

“Kita sangat optimis. Sebelum puncak Sail Tomini pada 5 September 2015 kita akan gelar upacara adat mompeura atau adat naik rumah baru di pondokan Presiden Joko Widodo di Tasi Kayu Bura ini. Lalu Pekan Budaya Sulteng mulai 13-16 September 2015,” imbuh Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here