Pantoloan Jadi  Pelabuhan Terminal Peti Kemas

0
208
Ilustrasi pelabuhan peti kemas. (foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)
Ilustrasi pelabuhan peti kemas. (foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU – Pelabuhan Pantoloan resmi dideklarasikan sebagai Pelabuhan Terminal Peti Kemas ditandai dengan seremoni yang dihadiri oleh sejumlah petinggi daerah dan PT Pelindo IV, Sabtu (1/8/2015).

Wali Kota Palu Rusdy Mastura mengatakan, perubahan pelabuhan itu bakal berpengaruh pada perekonomian di Kota Palu dan Sulawesi Tengah, karena Pantoloan merupakan salah satu pintu gerbang masuk ke Palu dan Sulawesi Tengah. Ini menjadi penting lagi terutama jika dikaitkan dengan keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu.

Pelabuhan Pantoloan adalah pelabuhan yang terdalam (30 meter) yang ada di kawasan Timur Indonesia. Jika dibandingkan dengan pelabuhan lain, Pantoloan berpotensi bagi percepatan pengembangan ekonomi di wilayah Sulawesi Tengah.

“Kapal-kapal besar bisa berlabuh di Pelabuhan Pantoloan,” sebutnya.

Direktur PT Pelindo IV,  Alif Abadi mengatakan, akan berusaha menjadikan Pelabuhan Pantoloan sebagai salah satu pelabuhan terbaik di wilayah TimurIndonesia. Karenanya ia memnita stakeholder dapat bersinergi untuk mewujudkan keinginan tersebut.

“Kita bisa menjadi motivator bagi kemajuan di wilayah Sulawesi Tengah bahkan dapat memajukan kawasan Timur Indonesia, dan juga untuk dapat memajukan Indonesia ke puncak kejayaan dalam pelayanan internasional. Keberadaan Pelabuhan Pantoloan bisa menjadi lokomotif. Dimana masa depan Indonesia berada Timur dan lokomotif Indonesia berada di Pelabuhan Pantoloan ini,”  jelas Alif optimistis.

Kepala KSOP Pantoloan Agus Sutiono mengatakan Pelabuhan Panotloan merupakan pelabuhan ke tiga yang telah dideklarasi sebagai pelabuhan Terminal Peti Kemas yang ada di wilayah Indonesia timur. Pelabuhan lainnya adalah Makasar dan Bitung,” ungkapnya. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here