146 Desa Di Sulteng Tak Punya Tenaga Bidan

0
209
ilustrasi bidan desa
ilustrasi bidan desa

PALU – Hingga kini, masih ada sekitar 146 desa dari 1.824 desa se Sulteng yang tak memiliki tenaga bidan, atau jika dipersentasekan, baru sekitar 92 persen desa yang memiliki tenaga bidan desa. Angka-angka itu diperoleh dari data yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng.

Sementara itu, jumlah tenaga bidan yang ada secara keseluruhan di Sulteng sebanyak 3.177 orang atau jika dirata-ratakan dengan jumlah desa yang ada, seharusnya tenaga bidan itu bisa mengisi desa-desa tersebut. Ironisnya lagi, dari jumlah bidan itu, tenaga bidang yang benar-benar tinggal di desa hanya sekitar 1.578 orang, sekitar 300 bidan lainnya bertugas di desa, namun tinggalnya di luar desa bersangkutan.

Mengapa kondisi ini terjadi? Kepala Bidang Bina Upaya Kesehatan Dinkes Sulteng, Yudiawati Vidiana SKM Mkes mengungkapkan, jumlah bidan-bidan tersebut menumpuk di satu tempat di perkotaan, terutama di daerah-daerah kabupaten.

“Ini yang menjadi masalah kita. Seperti halnya di Puskesmas, idealnya dalam 1 puskesmas yang membawahi sekitar 6 desa itu harus memiliki paling kurang 3-5 bidan. Tetapi di wilayah perkotaan seperti ini, 1 puskesmas itu bisa ada 16 bidan. Jadinya melebihi dari segi idealnya. Distribusi tenaga kerja kita tidak sesuai dengan standar,” sebutnya.

Menurutnya,ini harus ditata ulang agar target menekan Angka Kematian Ibu dan Anak dapat ditekan lebih rendah lagi. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here