WBO cabut gelar juara dunia Floyd Mayweather

0
189
Floyd Mayweather (foto:Reuters)
Floyd Mayweather (foto:Reuters)

WASHINGTON – Floyd Mayweather, Senin waktu AS, dilucuti gelar juara dunia kelas welternya oleh Organisasi Tinju Dunia (WBO) yang dia rebut dua bulan lalu setelah mengalahkan Manny Pacquiao.

Mayweather dinyatakan gagal memenuhi tenggat waktu membayar fee 200.000 dolar AS, Jumat pekan lalu, yang diharuskan WBO setelah dia merampas sabuk juara versi WBO dari Pacquiao 2 Mei lalu di Las Vegas dalam laga paling mahal sepanjang masa bernilai 220 juta dolar AS.

WBO mengharuskan petinju membayar 3 persen untuk laga perebutan gelar, sampai maksimum 200.000 dolar AS.

WBO juga melarang juara dunia versi WBO memegang sabuk juara versi badan tinju lainnya. Mayweather saat ini juga menyandang gelar juara dunia kelas menengah junior dan kelas welter versi WBC dan WBA.

“Tuan Mayweather, Jr. gagal membayar fee 200.000 dolar AS yang dikenakan kepadanya sebagai peserta Kontes Kejuaraan Dunia WBO,” kata WBO seperti dikutip dari Antaranews.com yang juga dikutip dari AFP.

“Komite Kejuaraan Dunia WBO tak bisa memberikan alternatif lain kecuali menghentikan pengakuan Tuan Floyd Mayweather, Jr. sebagai Juara Dunia Kelas Welter WBO dan mengosongkan titelnya.”

Setelah Mayweather (48-0, 26 KO) mengalahkan Pacquiao untuk menyatukan empat juara versi badan tinju untuk kelas welter, dia menyatakan akan mempertaruhkan semua gelarnya demi memberi petinju muda meraih sabuk gelar juara.

“Saya tidak tahu apakah itu akan berlangsung Senin atau mungkin beberapa minggu mendatang,” kata Mayweather.

Petinju AS Timothy Bradley, yang mengalahkan rekan senegaranya Jessie Vargas untuk menjuarai kelas welter WBO pada 27 Juni, diperkirakan akan menyandang gelar juara penuh WBO, demikian AFP. (antaranews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here