Rp.30 M untuk Permulaan Jalan Bypass Palu-Parigi

0
188
Longsor kebun kopi beberapa waktu lalu. (foto: dok. AntaraFoto)
Longsor kebun kopi beberapa waktu lalu. (foto: dok. AntaraFoto)

PARIGI MOUTONG – Gubernur Sulteng, Longki Djanggola memastikan jalan bypass Palu-Parigi yang sudah cukup lama direncanakan akan segera dimulakan menyusul telah tersedianya dana sebesar Rp.30 miliar.

“Sekarang sudah ditender. Namun anggaran yang tersedia baru Rp.30 miliar yang mungkin hanya untuk beberapa kilometer saja. Kita akan terus berjuang ke Pemerintah Pusat agar pembangunan jalan baru tersebut lebih cepat terealisasi, ” ujar Longki pada kesepatan berkunjung ke Parigi Moutong baru-baru ini.

Longki menjelaskan, pembangunan jalan bypass tersebut menemui banyak kendala terutama di tingkat pusat. Kepala Bappenas, menyetujui pembangunan jalan baru tersebut namun Menteri PU Perumahan Rakyat lebih setuju kalau jalan yang sudah ada saat ini yakni jalur kebun kopi diperbaiki, termasuk beberapa bagian diantaranya menggunakan terowongan.

“Kami menyatakan bahwa terowongan yang akan dibangun tersebut kemungkinan akan runtuh akibat longsor karena tanahnya labil. Akhirnya Menteri PU berpikir kembali membatalkan pembangunan terowongan dan kembali menyetujui pembangunan jalan baru,” ujar Longki.

Diperkirakan, pembangunan jalan bypass itu akan menghabiskan dana sekitar Rp.5 triliun. Jika disetujui, nantinya di jalan itu akan ada jalur rel kereta api di tengahnya sebagai bagian dari rencana menghubungkan wilayah Sulawesi dengan jalur kereta api. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here