Published On: Sun, May 17th, 2015

Rekor Baca Surat Yasin Pecah di Pantai Talise Palu

Share This
Senior Manager Musium Rekor Indonesia (Muri), Paulus Pangka (kanan) menyerahkan Sertifikat kepada Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin usai pemecahan rekor pembacaan Surat Yasin terbanyak dan terpanjang di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu  (17/5). Pembacaan surat Yasin serentak berhasil memecahkan rekor Muri dengan jumlah pembaca terbanyak dan terpanjang, yaitu mencakup 8.000 peserta sepanjang 4,5 kilometer. beritapalu.com/Basri Marzuki

Senior Manager Musium Rekor Indonesia (Muri), Paulus Pangka (kanan) menyerahkan Sertifikat kepada Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin usai pemecahan rekor pembacaan Surat Yasin terbanyak dan terpanjang di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (17/5). Pembacaan surat Yasin serentak berhasil memecahkan rekor Muri dengan jumlah pembaca terbanyak dan terpanjang, yaitu mencakup 8.000 peserta sepanjang 4,5 kilometer. beritapalu.com/Basri Marzuki

PALU – Rekor membaca surat Yasin dengan jumlah pembaca terbanyak dan terpanjang dalam formasi terpecahkan di Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (17/5/2015).

Dalam hitungan Museum Rekor – Dunia Indonesia (MURI), tak kurang dari 8.125 orang umat muslim yang seluruhnya perempuan itu membaca surat dalam Al-qur’an tersebut secara serentak, yang memanjang sepanjang pantai Talise dimulai dari pantai Kampung Nelayan hingga Pantai Taman Ria depan IAIN Palu, atau sepanjang 4,5 kilometer.

Senior Manajer Museum Rekor – Dunia Indonesia, Paulus Pangka menyatakan, rekor tersebut masuk dalam kategori Superlatif, dan tercatat dengan nomor sertifikat rekor 6.938.

Tak kurang dari Menteri Agama RI, Ir. Lukman Hakim Saifuddin yang merasakan kebahagiaan atas terpecahkannya rekor tersebut. Dengan sangat gembiran, Menag langsung berdiri menerima sertifikat dari Manajemen MURI sebagai tanda pemecahan rekor tersebut. “Ini adalah rekor kita semua,” kata Menag singkat.

Pemecahan rekor itu terbilang cukup mengundang perhatian banyak pihak, tak terkecuali oleh kalangan warga Palu sendiri. Sejumlah pengamat dari luar Palu pun tak kalah dag dig dug menanti pengumuman dari Muri tersebut. “Luar biasa,” ujar salah seorang tamu dari salah satu perguruan tinggi Islam dari Sumatera Utara.

Memang, sejak pukul 02.00 Wita, suasana di pantai Talise, Teluk Palu tempat diselenggarakannya hajatan itu, ribuan warga Palu yang menjadi peserta telah berduyun-duyun mendatangi tempat tersebut. Suasana menjadi semakin berbeda karena hampir semua orang yang melintas di jalan tersebut berpakai putih-putih.

Prosesi pembacaan surat Yasin dimulai sekitar pukul 16.30 Wita setelah Menteri Agama tiba di lokasi usai menyusuri pantai Talise dengan iring-iringan kendaraan jeep. Menag memimpin langsung dimulainya pembacaa surah Yasin tersebut diikuti dengan barisan umat muslim berseragam putih di sepanjang pantai.

Rekor tersebut menambah khasanah pemecahan rekor yang pernah dilakukan di Palu. Dua rekor sebelumnya juga pecah di Palu, yakni rekor menari Pamonte terbanyak sejumlah 5.400 peserta di tahun 2011 dan rekor minum susu coklat terbanyak sejumlah 20.000 peserta tahun 2013. (afd)

 

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>