TNI Rehabilitasi 200 Rumah Warga Miskin di Poso

0
256
Anggota TNI merehabilitasi rumah warga di Desa Maliwuko, Kecamatan Lage. (foto: Penrem Korem 132 Tadulako)
Anggota TNI merehabilitasi rumah warga di Desa Maliwuko, Kecamatan Lage. (foto: Penrem Korem 132 Tadulako)

POSO – Implementasi dari operasi territorial yang dilakukan oleh TNI pasca Latihan Gabungan (Latgab) di Poso adalah dengan melakukan kegiatan social, salah satunya dengan merehabilitasi rumah warga miskin yang tidak layak huni lagi.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari operasi Teritorial Terpadu, yang dimulai sejak 17 April dan akan digelar selama 180 hari,” kata Danrem 132 Tadulako, Kolonel Inf. Ilyas Alamsyah di sela-sela meninjau operasi tersebut di Desa Maliwuko, kecamatan Palge, Poso, Jumat (25/4/2015).

Ia mengatakan, rehabilitasi itu juga berkaitan dengan upaya mencegah aksi terorisme yang terus terjadi di kabupaten tersebut. “Agar mereka tidak terpengaruh dengan paham-paham yang dibawa oleh pelaku teroris,” sebutnya.

Rehabilitasi itu mencakup sekitar 200 rumah yang berkategori tidak layak huni dan juga pemiliknya adalah warga miskin. Selain itu, operasi social yang mencakup 20 desa itu, juga dilaknsakanan perbaikan rumah ibadah baik masjid maupun gereja, pencetakan sawah baru termasuk perbaikan irigasi dan pipanisasi air bersih.

Menurutnya, operasi Teritorial TNI di wilayah Kabupaten Poso itu juga bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi warga masyarakat di wilayah itu dari ancaman kelompok teroris yang dikuatirkan akan kembali setelah sebelumnya sempat diyakini menyingkir dari kawasan gunung Biru saat TNI menggelar latihan PPRC, pada 31 Maret hingga 17 April 2015 silam.

Kegiatan yang bersentuhan dengan kesehatan juga digelar seperti penyuluhan, bakti sosial, pengobatan gratis, sunatan massal, operasi bibir sumbing, operasi katarak, pelayan KB serta hiburan rakyat yang  melibatkan Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. (afd/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here