Pilkada Kota Palu Tetap Sesuai Jadwal

0
194

PALU – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Palu dipastikan akan sesuai jadwal, yakni pada Desember 2015. Kepastian itu disampaikan Ketua KPU Palu, Marwan P. Angku.

Ia mengatakan, saat ini anggaran Pilkada Palu sudah ada dan sisa menunggu rasionalisasi dan konsultasi Permendagri Nomor 44 tahun 2015 tentang Anggaran Pemilihan Kepala Daerah. “Jadi tidak ada alasan KPU untuk menunda Pilkada Kota Palu tahun 2015,” tandasnya.

Ia mengatakan, Tim asistensi Pemkot Palu akan tiba di Palu pada Jumat (24/5/2015) tadi dan kemudian melakukan rasionalisasi anggaran Pilkada. Marwan optimistis, dalam waktu dua atau tiga hari asistensi terhadap anggaran Pilkada sudah selesai.

Ditanya soal besaran anggaran yang diusulkan, Marwan mengatakan masih seperti sebelumnya, yakni sebesar Rp20,4 miliar. “Yang siap dikucurkan sebesar sebesar Rp 5 miliar karena sudah dianggarkan dalam APBD Kota Palu tahun 2015,” sebutnya. Pencairannya tinggal menunggu keluarnya naskah hibah daerah dari Walikota Palu.

Meski demikian, pihaknya masih perlu mengonsultasikan Permendagri Nomor 44 tahun 2015. Masalahnya katanya, dalam Permendagri Nomor 44 yang membatalkan Permendagri sebelumnya tersebut mengatur kerja penyelenggara Pilkada yang hanya delapan bulan.

“Padahal berdasarkan PKPU tahapan Pilkada serentak tahun 2015 adalah 9 hingga 12 bulan,” sebutnya.

Tahapan Pilkada yang sudah disusun KPU Palu, mengacu pada PKPU. Namun jika harus mengikuti Permendagri, KPU Palu tentu akan menyesuaikannya lagi. (afd)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here