TNI Minta Santoso Cs Menyerah

0
204
Penyisiran yang dilakukan oleh TNI di Gunung Biru Tamanjeka, Poso, saat latihan gabungan. beritapalu.com/OLAGONDRONK
Penyisiran yang dilakukan oleh TNI di Gunung Biru Tamanjeka, Poso, saat latihan gabungan. beritapalu.com/OLAGONDRONK

POSO – TNI akan melumpuhkan kelompok sipil bersenjata pimpinan Santoso Cs jika tidak menyerah. Hal itu ditegaskan Panglima Kodam VII Wirabuana, Mayjen TNI Bachtiar di Poso akhir pekan lalu. “Jika Santoso Cs tetap bertahan maka akan berhadapan dengan kita (TNI dan Polisi) semua,” tandasnya.

Andai Santoso dan kelompoknya menyerah, Pandam Bachtiar mengaku dan memastikan akan membinanya. Bagaimana bentuk pembinaan itu? “Sebelumnya ada simpatisan seperti itu yang sadar dan mau kembali ke masyarakat, ya kita bina. Dan sekarang sudah bekerja dengan baik secara normal,” ujarnya.

Ia juga meminta peran serta masyarakat untuk memberikan informasi jika melihat ada gelagat kelompok sipil bersenjata tersebut. Menurutnya, soal jangka waktu Santoso Cs bertahan di pegunungan itu juga banyak ditentukan oleh masyarakat sendiri. “Di lerang Gunung Biru itu banyak perkampungan penduduk. Kalau masyarakat memberinya ruang untuk hidup, maka akan semakain lama mereka bertahan,” sebutnya.

Bahkan Panglima Divisi 2 Infanteri Kostrad, Mayjend TNI Bambang Haryanto menyatakan, jika tak ingin Santoso cs berkeliaran dan terus meneror warga, maka harus menutup ruang hidupnya. “Caranya, jangan memberinya makan,” imbuhnya. Jika kesadaran seperti itu sudah dimiliki masyarakat Poso, maka ia berkeyakinan, kejahatan terorisme di Poso akan segera berakhir.

Selama dalam Latihan Gabungan, pihak TNI tidak menemukan kelompok Santoso Cs. Meski demikian, ia memastikan Santoso dan anggotanya tidak ada lagi dis ekitar lereng gunung atau hutan Gunung Biru. TNI menurutnya selama altihan sudah menyisir habis pegunungan tersebut. (afd/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here