AJI Palu Dorong Pers Kritis

0
157

Logo-AJIPALUAliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu mendorong pers di Kota Palu dan Sulawesi Tengah untuk bersikap kritis dalam berbagai hal melalui pemberitaan di tengah maraknya media yang bermunculan saat ini.

Untuk menyokong imbauan itu, AJI Kota Palu menggelar serangkaian kegiatan mulai 17 sampai 19 April 2015 di sejumlah daerah yang dihadiri masyarakat umum, aparat pemerintahan dan jurnalis.

Program Manajer Kegiatan AJI Kota Palu M Sharfin di Palu, Jumat (17/4/2015) mengatakan, acara tersebut diawali dengan diskusi publik tentang kebebasan pers yang berlangsung pada Jumat malam. Diskusi bertemakan “Menciptakan Pers Kritis” itu berlangsung di Lapangan Parkir Nebula.

Diskusi itu dilaksanakan agar para jurnalis tetap bisa mengkritik pemerintah, lembaga atau pejabat lainnya dengan cara santun dan sesuai kode etik jurnalistik. “Jadi, sepanjang berita kritikan itu sudah memenuhi kode etik jurnalistik dan bertujuan untuk perbaikan, wartawan tak perlu takut,” katanya.

Dia mengakui saat ini masih banyak aparatur pemerintahan yang kurang paham adanya UU Pers ataupun MoU antara Dewan Pers dan Polri yang intinya berisi menyelesaikan sengketa pers melalui UU Pers, bukan undang-undang lainnya.

Sementara itu, kegiatan selanjutnya adalah pelatihan jurnalistik terkait konflik pengelolaan Sumber Daya Alam yang berlangsung di tempat wisata air panas Bora, Kabupaten Sigi, pada 18-19 April 2105.

Acara yang menghadirikan praktisi pers, pegiat sumber daya alam dan pengamat itu bertujuan meningkatkan kemampuan wartawan agar bisa menghasilkan karya jurnalistik bermutu tinggi dengan diimbangi data dan latar belakang yang kuat sehingga pembaca mendapatkan informasi baru terkait sumber daya alam dan seputar pengelolaannya.

Acara itu diikuti 17 jurnalis dari media elektronik, media dalam jaringan (online), serta wartawan radio yang ada di Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan daerah lainnya.

Sharfin berharap peserta yang telah mengikuti latihan tersebut bisa menerapkan hasil ilmu yang didapat di media masing-masing. “Ini adalah salah satu tujuan AJI Palu untuk meningkatkan kapasitas wartawan baik yang anggota AJI maupun bukan anggota.

Serangkaian kegiatan tersebut adalah hasil kerjasama antara AJI Kota Palu dan lembaga asal Kanada Development and Peace (D&P). (abl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here