Jamrin Tulis Buku 15 Tokoh Bersejarah di Sulteng

Inilah buku "15 Tokoh Bersejarah Provinsi Sulawesi Tengah". Insert: Jamrin Abubakar. foto: dok.pribadi
Inilah buku “15 Tokoh Bersejarah Provinsi Sulawesi Tengah”. Insert: Jamrin Abubakar.
foto: dok.pribadi

PALU – 15 Tokoh Bersejarah Provinsi Sulawesi Tengah”, demikian judul buku itu. Buku itu ditulis oleh Jamrin Abubakar, pria yang selama ini dikenal sangat concern dengan penelusuran sejarah dan seni budaya  di Sulawesi Tengah.

Sang penulis mengatakan, buku itu menampilkan biografi singkat tokoh bersejarah di Sulawesi Tengah. “Sengaja kami tampilkan biografi karena menurut Thomas Carlyle, biografi orang-orang terkenal adalah penyelamat pada zamannya, penerang tanpa bahan bakar di dalamnya, sejarah universal adalah sejarah tentang orang-orang yang ulung di dunia ini. Mereka merupakan orang besar yang pernah dicatat sebagai peletak dasar sejarah,” ungkapnya.

Buku tulisannya itu juga mengabadikan foto 15 tokoh bersejarah tersebut. ”Kami berusaha menuntun pembaca berkenalan dan berdialog langsung sekaligus memetik nilai keteladanan dari tokoh-tokoh bersejarah Sulawesi Tengah,” imbuhnya.

Mereka yang termaktub dalam buku itu adalah Datupalinge, HRM Pusadan, Pirau Marunduh, AR Marzukie, AO Papeo, Abdul Wachid Maluku, Jahya Ponulele, Muhammad Djaruddin Abdullah, Mohammad Saleh Kamah, Junus Sunusi, Zainuddin Bolong, Kamarollah Salewangi, Siti Amas Daeng Sute, Ds Juda Melaha, dan Jamer Tiolemba.

Ke-15 tokoh itu disebutnya memiliki peran di bidangny amasing-masing untuk memajukan dan membangun Sulawesi Tengah. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here