Disperindag Sulteng Fasilitasi Pameran Batu Akik

Bongkahan batu akik asal berbagai daerah di Sulteng. Pameran batu-batu ini akan digelar pada Expo Sulteng 2015 di lapangan Vatulemo Palu mulai 17 April 2015.
Foto: Antara/Basri Marzuki

PALU – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Sulteng cukup serius memandangi bisnis batu akik di daerah ini. Buktinya, pihaknya akan memfasilitasi pameran batu akik pada Sulteng Expo yang digelar 14 Apri 2015.

“Sudah banyak jenis batu akik dari berbagai daerah, namanya juga macam-macam. Nanti masyarakat bisa melihat secara langsung di arena pameran batu akik lokal,” kata Kadis Perindag Sulteng H Abubakar Almahdali.

Pameran itu menurutnya sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap pengrajin batu akik di daerah ini. Kepedulian itu juga sudah ditunjukan dengan memberi bantuan peralatan kepada pengrajin batu akik. Misalnya pada kelompok pengrajin batu akik binaan Rumah Tahanan (Rutan) Maesa Palu pada Februari lalu.

”Tahun ini pemerintah sudah menyediakan anggaran pelatihan dan bantuan peralatan bagi masyarakat yang punya keterampilan khusus mengolah batu permata,” katanya.

Ia mengaku telah memerintahkan pejabat terkait untuk segera melobi pemerintah pusat, yakni Kementerian Perindustrian. Pihaknya berupaya mendatangkan instruktur pengolah batu permata dari pusat.

Selain pameran, juga akan dilaksanakan seminar yang menghadirkan pakar geologi dari ITB. Pembicara lainnya adalah gubernur, wali kota, dan kepala Dinas Perindag Sulteng. ”Pada pameran nanti kami sudah mengundang organisasi gemstone seluruh kabupaten serta pengrajin dan pedagang batu akik,” imbuhnya. (afd)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here