Seorang siswi memerhatikan daftar peserta (UN) yang ditunda pelaksanaannya di SMA Negeri 2 Palu, beberapa waktu lalu. Antarafoto/Basri Marzuki

PALU – Kepala Disdikbud Sulteng, H. Ardiansyah Lamasitudju SPd, MSi mengatakan, tahun ini Sulawesi Tengah belum siap menggelar Ujian Nasional (UN) tngkat SMA dan sederajat secara on line atau system Computer Base Test (CBT). Penyebabnya adalah masalah fasilitas pendukung yang belum memadai, terutama listrik.

”Kita belum siap melakukan ujian  sistem CBT,” sebutnya, Kamis (9/4/2015).

Ia mengatakan sejumlah sekolah yang ada di daerah ini sudah mengajukan pernyataan ketidaksiapan UN dengan system CBT tersebut. Kemungkinannya lanjutnya, system itu bisa dilakukan tahun 2016 mendtang, itupun hanya satu atau dua sekolah saja.

Kalau katanya fasilitas pendukung itu seperti computer dan terutama listrik sudah bisa menjamin, maka ujian secara on line itu baru dapat dilaksanakan.

Sementara itu untuk pelaksanaan UN tingkat SMA dan sederajat yang dijadwalkan pada 13 sampai 15 April 2015 mendatang, Kabid Pendidikan Menengah pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, Rustam Akas menyatakan, akan diikuti sedikitnya 6.000-an siswa.

Persiapan untuk UN tersebut sudah dilaksanakan termasuk distribusi naskah soal ke sekolah-sekolah, bahkan menurutnya telah mencapai 90 persen. Disebutkan ada 26 SMA, 25 SMK dan 9 MA baik negeri maupun swasta yang menjadi penyelenggara UN di Kota Palu. (afd)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *