Tidak Ada Dana Pilgub dalam APBD

0
104
Edmond Leonardo Siahaan Foto: istimewa
Edmond Leonardo Siahaan
Foto: istimewa

PALU – Pilgub yang rencananya akan digelar pada Desember 2015 mendatang, hingga saat ini belum ada kepastian dananya akan diambil dari mana. Demikian disampaikan Anggota DPRD Sulteng sekaligus Anggota Pansus II, Edmon Leonardo Siahaan SH dalam rilis kepada redaksi beritapalu.com, Senin (6/4/2015).

Edmon menyebutkan, kebutuhan dana sebesar Rp.111 miliar yang disampaikan KPU Prov Sulteng sampai saat ini belum dikomunikasikan Gubernur ke Ketua DPRD Prov Sulteng. “Seharusnya, Gubernur sudah memulai untuk mendiskusikan kebutuhan dana ini dgn Ketua DPRD, agar bisa dicarikan solusinya,” sebutnya.

Yang repot menurutnya, karena faktanya APBD 2015 telah disahkan oleh DPRD dan tidak ada dana untuk Pilgub dlm APBD tersebut.

“Kami sayangkan Gubernur berkonsultasi dengan Kemendagri yang menyarankan agar diambil dari SILPA 2015. Bagaimana mau diambil SILPA, sementara sekarang baru selesai Triwulan I?” tanyanya.

Harusnya lanjutnya, Gubernur sejak awal tahun menjabat sudah mencicil dana untuk persiapan Pilgub, sehingga ketika akhir masa jabatan sudah siap dana Pilgub tersebut.

“Saya tegaskan bahwa tidak boleh ada penundaan pembangunan infrastruktur yang vital dan dibutuhkan oleh masyarakat karena dananya akan digunakan utk Pilgub,” tegas mantan aktivis mahasiswa ini.

Jadi menurutnya, Gubernur harus mencari uang Rp.111 miliar untuk Pilgub dan Rp.94 miliar utk Penyertaan Modal PT. Bank Sulteng yg diusulkan oleh Raperda Penyertaan Modal, karena dalam Raperda disebutkan angka Rp.94 miliar, sementara APBD 2015 yang telah ditetapkan tidak ada tercantum Rp.94 M untuk PT Bank Sulteng.

“Inilah fakta Politik Anggaran kita yg makin rumit dan menjadi persoalan serius,” tandasnya. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here