Ratusan warga tinggalkan rumah mereka jelang latihan PPRC TNI

0
176
Warga desa Uweralulu, Kecamatan Poso Pesisir, memperlihatkan edaran himbauan yang dibagikan dari helikopter, meminta warga meninggalkan desa mereka jelang latihan PPRC TNI 31 maret 2015
Warga desa Uweralulu, Kecamatan Poso Pesisir, memperlihatkan edaran himbauan yang dibagikan dari helikopter, meminta warga meninggalkan desa mereka jelang latihan PPRC TNI 31 maret 2015

POSO – Setidaknya 700 Keluarga dari 3 desa di Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso PRovinsi Sulawesi Tengah Senin (30/03) Pagi meninggalkan rumah mereka menuju ke tempat yang aman, menjelang pelaksanaan latihan perang Pasukan Pemukul Reaksi Cepat PPRC TNI pada Selasa (31/03) besok.

Situasi lenggang terasa di desa Uweralulu Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah. Desa yang biasanya ramai dengan aktivitas warga itu pada Senin (30/03) pagi terpantau sepi dari aktivitas warga. Rumah-rumah warga terkunci rapat dengan kondisi lampu yang dibiarkan tetap menyala.

Sebelumnya TNI menyebarkan kertas kertas berisi himbauan dengan menggunakan helikopter. Himbauan itu berisi peberitahuan kepada warga masyarakat di sekitar desa Uerululu, dusun Tamanjeka desa Masani, dan Desa Gayatri untuk pindah ke lokasi yang telah ditentukan.
Warga diharapkan paling lambat sudah mengosongkan desa mereka pukul 15.00 wita pada hari ini Senin (30/03) dan baru dibolehkan untuk kembali pada esok hari jam 10.00 pagi.

Kepala Desa Uweralulu Sudirman merinci secara keseluruhan jumlah warganya yang dievakuasi mencapai 283 keluarga atau 933 jiwa. Seluruh warga masyarakat desanya sudah mulai bergerak turun meninggalkan desa mereka sejak pukul 08.00 wita. Ada kurang lebih 700 keluarga yang meninggalkan rumah rumah mereka berdasarkan permintaan dari pihak TNI.

Komandin Distrik Militer 1307 Poso Letkol Eron Firmansyah sebelumnya menjelaskan alasan pengungsian itu sendiri untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan terkait keselamatan warga masyarakat yang daerahnya akan dilintasi peluru tembakan artileri/ tembakan udara dan Bantuan Tembakan Kapal perang/ yang menargetkan sejumlah lokasi di gunung Biru.

Latihan perang PPRC di Poso rencananya akan dimulai pada selasa (31/03). Kegiatan latihan perang itu melibatkan 3.222 personel gabungan dari Angkatan Udara, Laut dan darat.

Sedikitnya ada 4 lokasi yang di jadikan tempat pindah sementara bagi warga di sekitar desa Uweralulu, masing masinga adalah pasar lama dan lapangan sepakbola di desa Tokorondo, desa Sa’atu dan desa Maranda kecamatan Poso Pesisir Utara. (Jo/wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here