Kemenkeu Gelar Rakernas Pelaporan Keuangan

0
177

Jakarta – Fenomena saat ini menunjukkan jika Pelaporan Keuangan di sejumlah daerah, termasuk di Sulawesi Tengah sering dinilai Disclamer oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atau maksimal adalah Wajar Dengan Pengecualian.

Untuk menyikapi fenomena tersebut, Kementrian Keuangan (Kemenkeu) yang dipimpin oleh Agus Martowardjojo berinisiatif mengelar Rapat Kerja mengenai penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah.

Untuk mengefektifkan mekanisme pelaporan keuangan Pemerintah, maka Kementrian Keuangan menggelar Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2011.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Akuntasi DPPKAD Kabupaten Donggala, Umar SE yang ditemui disela-sela Rakernas, Senin (19/9) kemarin di Kementrian Keuangan.

Menurut Umat, Rakernas berintikan mengenai strategi penyusunan pelaporan keuangan menuju opini pengelolaan keuangan wajar tanpa pengeculian, yang artinya laporannya tidak bermasalah.

“Kegiatan ini berlangsung hingga besok (hari ini,red) di Gedung Danaphala Kementrian Keuangan,” ujar mantan pejabat Bawasda Donggala itu.

Ditambahkan Umar, sebagian peserta Rakerna tersebut berasal dari Kementrian dan Lembaga Negara lain, sementara dari Pemerintah Daerah hanya sebagian kecil.

Umar merespon positif keikutsertaannya didalam Rakernas ini karena sangat bermanfaat bagi dirinya dan Pemerintah Kabupaten Donggala nantinya untuk menyusun Laporan Keuangan.

“Semoga dengan Rakernas ini, Kabupaten Donggala mampu menyusun Laporan Keuangan yang beropinikan Wajar Tanpa Pengecualian,” tandas Umar.

Laporan : Firman Qusnulyakin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here