Bawaslu Sulteng akan dilaporkan ke DKPP

PALU – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sulawesi Tengah akan melaporkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Tengah ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Jakarta.

Hal ini di kemukakan oleh Ferry Anwar usai mengikuti Rapat pleno terbuka penetapan perolehan suara, penetapan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD provinsi Sulawesi Tengah,  di kantor Komisi Pemilihan Umum Provisi Sulawesi Tengah jalan S. Parman Palu,Senin (12/5) siang.

Ferry menegaskan akan melaporkan anggota Bawaslu Sulteng yang tidak menghadiri rapat pleno terbuka tersebut ke DKPP. Sebab dalam aturan bawaslu wajib hadir dalam kegiatan ini.

Berdasarkan peraturan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) nomor 7 tahun 2014, sebagaimana ditegaskan dalam pasal 5; bahwa Bawaslu wajib mengawasi dan memonitoring langsung pelaksanaan rapat pleno penetapan anggota legislatif.

Namun pada rapat pleno terbuka Senin (12/5) siang tadi, tak satupun anggota Bawaslu Sulteng yang hadir  pada kegiatan penting tersebut. Mereka hanya diwakili oleh dua orang pegawai sekretariat saja.

“ Karena peraturannya sangat jelas, maka kami mempertanyakan ketidakhadiran Bawaslu Sulteng dalam pleno ini.Untuk itu kami menempuh mekanisme ini.” Kata Ferry.

Bukan hanya Bawaslu yang akan dilaporkan ke DKPP, tetapi ada beberapa KPU Kabupaten Kota yang juga akan dilaporkan. Menurutnya, DPW NasDem Sulteng juga akan melaporkan KPU Parigi Moutong dan KPU Kota Palu ke Mahkamah Konstitusi.

“Di Parigi Moutong, ada penggelembungan suara untuk PAN sebanyak 106 suara, sedangkan KPU Kota Palu diduga telah mengubah form DA 1,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota KPUD Sulteng Nisbah menegaskan, bahwa berdasarkan PKPU nomor 21 tentang tahapan Pemilu. Jika hari ini KPUD Sulteng tidak melakukan rapat pleno dan menetapkan perolehan suara, penetapan kursi dan penetapan calon terpilih DPRD Sulteng, maka pihaknyalah yang dinyatakan melanggar peraturan.

“Makanya kami tetap melaksanakan rapat pleno ini. Kalaupun tidak dilaksanakan kami yang melanggar aturan,” tegasnya.(wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here