Keberadaan Bandara Tanjung Api Bakal Tingkatkan Ekonomi Warga

0
180

AMPANA – Wakil Ketua Komisi  V DPR RI Muhidin M Said usai bersilaturahmi dengan warga di sejumlah kecamatan di Kabupaten Tojo Una Una berkesempatan untuk meninjau bandara Tanjung Api dan sejumlah pelabuhan di daerah pariwisata tersebut.

Kunjungan itu didampingi oleh Bupati Tojo Una una Damsik Ladjalani dan sejumlah jajaran di Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una.

Muhidin Said mengatakan  keberadaan bandara tersebut diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak, khususnya bagi warga Tojo Una Una.

“Dengan lapangan kerja yang lebih banyak, akan berdampak pada peningkatan penghasilan masyarakat sehingga mengurangi kemiskinan,”Ujarnya.

Tak hanya itu, keberadaan bandara diharapkan dapat pula meningkatkan ekonomi warga,  kehadiran Bandara Tanjung Api sebagai jasa transportasi udara, akan lebih meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung khususnya tempat wisata seperti Pulau Togean, Kadidiri, dan wisata lainnya.

Menurut Muhidin M Said, Bandara Tanjung Api merupakan salah satu bandara yang memiliki landasan terpanjang yakni 1800 meter di Sulawesi Tengah setelah Bandara Mutiara, Kota Palu.

Sementara itu, Bupati Touna Damsik Ladjalani mengatakan, keberadaan Bandara Tanjung Api, di Desa Pusungi Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Una-una, sangat mendukung pengembangan wisata di wilayah yang kaya akan pariwisata tersebut.

Damsik Bupati Tojo Unauna menyampaikan Bandara Tanjung Api diperkirakan akan beroperasi pertengahan tahun 2014.“ Bandara akan membantu mempermudah akses ke daerah-daerah tujuan wisata di Kabupaten Touna. Kami sementara menggenjot pembangunannya, saya yakin pulau Togean akan dipenuhi oleh wisatawan, “ katanya.

Damsik menyebutkan bandara yang memiliki luas 168,1 hektar tersebut  dibiayai dengan anggaran APBN sebesar Rp35,5 milar dan menjadi jalur alternatif bagi wisatawan.(Tom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here