KPU Kota Palu Inisiasi Deklarasi Kerjasama Dorong Partisipasi Pemilih

PALU-Mewakili semangat dan komitmen untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum 2014 mendatang Komisi Pemilihan Umum Kota Palu mendorong deklarasi kerjasama dan forum temu warga untuk fasilitasi pendidikan pemilih.

Ketua KPU Kota Palu Marwan P Angku mengatakan kegiatan deklarasi ini melibatkan semua elemen diantaranya tokoh agama, organisasi massa, tokoh pemuda, organisasi pers diantaranya Aliansi Jurnalis Independen Kota Palu, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Sulawesi Tengah untuk bekerjasama dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

“Ini demi kemajuan demokrasi untuk mewujudnya cita-cita bangsa dan menjadi tanggungjawab kita bersama dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu,”katanya.

Dia menyebutkan beberapa kali pemilu partisipasi pemilih menunjukkan trend yang menurun, pemilu 2009 misalnya pada saat itu jumlah pemilih sebanyak 194.331 orang namun yang menggunakan hak pilihnya hanya 63 persen sementara sebanyak 37 persen tidak menggunakan hak pilihnya.

“Belajar dari pemilu-pemilu sebelumnya itu maka undang-undang Pemilu telah memberikan ruang bagi warga untuk tidak kehilangan hak pilihnya mengingat satu suara sangat penting dalam menentukan cita-cita bangsa,”ungkapnya.

Marwan menambahkan untuk itu KPU Kota Palu melakukan dua pendekatan dalam meningkatkan partisipasi pemilih melalui dua pendekatan. Pendekatan pertama yakni pendekatan administratif dan pendekatan kedua yakni pendekatan partisipatif.(bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here