Jika Melapor, Pecandu Narkoba Tidak Diproses

PALU – Jika anda pecandu narkoba, tak usah takut atau sungkan-sungkan untuk melapor ke Kepolisan setempat, karena polisi sudah memberi jaminan tidak akan memproses secara hukum, Senin (10/6). Malah jaminan seperti itu dibuatkan spanduk besar yang dipasang di sejumlah titik agar pecandu yakin dengan jaminan itu. “Bagi pencandu narkoba yang melaporkan diri ke Sat Resnarkoba Polres Palu, tidak akan diproses secara hukum serta mendapat rehabilitasi dan tidak dipunggut biaya. dari tanggal 1 Juni sampai 30 Juni 2013” demikian tulisan spanduk tersebut.

Kasat Narkoba Polres Palu, AKP Putu Binangkari mengatakan, kebijakan tersebut turun Mabes Polri bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam rangka memperingati hari narkotika internasional serta hari Bhayangkara ke 67. Dalam Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika juga sudah diterangkan tentang rehabilitasi bagi para pecandu.
“Pecandu maupun orang tua pecandu yang ingin anaknya terbebas dari narkotika bisa datang melapor kepada kami, dan jangan takut karena kami tidak akan memproses hukum melainkan sebailknya akan direhabilitasi,” sebutnya.

Usai melapor lanjutnya, para pecandu akan dibina secara psikologi di Rumah Sakit Madani selama dua hari. Dari pembinaan itu akan ditentukan layak direhabilitasi di pusat rehabilitasi ataukah hanya  menjalani rehabilitas di RS Madani.

Jika memungkinkan kata Satresnarkoba, ketentuan itu tidak hanya sampai tanggal 30 Juni, namun hingga seterusnya atas koordinasi bersama BNNP Sulteng. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here