Published On: Mon, Jun 10th, 2013

White Dolphin Peringati Hari Terumbu Karang

Share This
Tags

PALU – Hari Terumbu Karang Sedunia juga diperingati oleh White Dolphin, sebuah komunitas pecinta lingkungan di Sulawesi Tengah, Minggu (9/6). Peringatan itu dengan melakukan sejumlah kegiatan seperti membersihkan sampah di sekitar pantai Kabonga, lomba mewarnai gambar, penenggelaman sepeda ontel.

 

Salah seorang panitia, Hilmi kepada beritapalu.com menyebutkan, pantai di sekitar Donggala senagaj dipilih untuk kegiatan tersebut karena Donggala lebih identik dengan periran atau daerah pantai yang indah yang patut diselamatkan dari kerusakan.

Terkait dengan penengelaman sepeda ontel, Hilmi menyebutkan, sepeda ontel itu sengaja dikaramkan agar dapat ditumbuhi oleh karang-karang laut. Sedangkan lomba mewarnai dipilih tema lingkungan laut yang diperuntukkan bagi anak-anak usia 6 – 10 tahun agar sejak dini, anak-anak tersebut terlatih tentnag bagaimana menyelamatkan lingkungan, terutama pantai.

Selain kegiatan seperti itu, sebelumnya kmounitas White Dolphin yang anggotanya terdiri dari para pecinta snorkeling dan diving tersebut juga telah melaksanakan transplantasi karang di pantai Tanjung Karang, termasuk melepaskan penyu ke alam bebas setelah etrtangkap oleh nelayan.

“Kegiatan ini akan kita teruskan hingga kesadaran semuanya tumbuh bahwa pelestarian lingkungan itu penting dan tidka membatasi, siapa saja orangnya bisa melakukan,” tegas Himi. (afd)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: