Kemitraan Luncurkan IGI 2012

PALU – Kemitraan, sebuah lembaga independen yang konsen pada usaha-usaha reformasi tatakelola pemerintahan meluncurkan Indonesia Governance Indeks 2012 di Hotel Santika, Kamis (30/5). Indeks itu mengukur sejauhmana prinsip-prinsip pengelolaan pemerintahan sudah dikelola sesuai dengan aturan yang berlaku.

Senior Advisor Kemitraan, Sandi Sanjaya Utama dalam pengantarnya mengatakan, IGI itu dilakukan di 33 provinsi di seluruh Indonesia dan telah diteliti sejak enam bulan lalu. Penelitian itu melibatkan sejumlah pihak dan mengacu pada peraturan yang berlaku termasuk menjadikan APBD di setiap provinsi sebagai salah satu rujukan penelitian.

Dalam penelitian di IGI itu kata Sandi mencakup tatakelola di bidang pemeintahan, birokrasi, pelayanan publik dan partisipasi ekonomi masyarakat.

“Kita berharap hasil riset ini dapat menjadi masukan ataupun rujukan kepada siapapun untuk terus mendorong reformasi dalam tata kelola pemerintahan,” sebut Sandi.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menyambut positif kegiatan tersebut. Staf ahli Gubernur Sulteng Drs. Kasman Lassa menyebutkan, setidaknya hasil penelitian itu dapat menjadi rekomendasi untuk melakukan perbaikan.

Sejumlah partisipan dari berbagai unsur hadir dalam kegiatan launching tersebut, diantaranya dari unsur pemerintahan sendiri, legislatif, lembaga swadaya masyarakat, kalangan media dan usahawan. (a’da)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here