Polres Palu Sita Puluhan Bantalan Kayu Ilegal

PALU – Puluhan kayu bantalan tanpa dokumen lengkap berhasil diamankan Kepolisian Resor Palu. Selain barang bukti berupa puluhan kayu bantalan, polisi juga menahan dua orang tersangka yang mengangkut puluhan kayu bantalan tersebut. Dua orang tersangka yang berhasil diamankan tersebut berinisial Ib (47) dan Ar (62). Mereka ditangkap polisi, Senin (20/05), di Kelurahan Taipa, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Menurut Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Palu, AKP Yoseph mereka ditahan lantaran tidak bisa menunjukan dokumen surat keterangan syahnya hasil hutan (SKSHH) atas kepemilikan 58 kayu bantalan tersebut.

“Dari pengakuan tersangka mereka mengangkut kayu ilegal tersebut dari Desa Bale Tawoa, Kabupaten Donggala. Dan akan dibawa ke pengusaha sawmill yg ada di Kota Palu,” kata Yoseph, Kamis (23/5)

Menurutnya puluhan bantalan kayu ilegal yang belum diketahui kubikasinya ini merupakan pesanan salah seorang pengusaha kayu berinisial YT. Nah dalam waktu dekat ini pihak polisi akan melakukan pemanggilan terhadap YT untuk diambil keterangannya sebagai saksi.

Sejak awal Januari hingga Mei 2013 ini ada empat kasus ilegal logging yang ditangani Polres Palu.

Sementara dua tersangka yakni Ib dan Af saat ini mendekam di tahanan Polres Palu untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Keduanya terancam dihukum 5 tahun pernjara jika di pengadilan nanti mereka terbukti bersalah. (Tra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here